Yamaha Desak Michelin Tingkatkan Kualitas Ban

Kautsar Halim    •    30 Maret 2017 21:05 WIB
valentino rossiyamaha
Yamaha Desak Michelin Tingkatkan Kualitas Ban
Valentino Rossi berbincang dengan Pimpinan kru Movistar Yamaha, Silvano Galbusera. (MOHD RASFAN / AFP)

Metrotvnews.com, Losail: Pimpinan kru Movistar Yamaha, Silvano Galbusera, mengaku kecewa dengan pelayanan Michelin sebagai satu-satunya penyedia ban di ajang MotoGP 2017. Itu ia rasakan setelah menemani Valentino Rossi melakoni GP Qatar beberapa hari lalu.

Valentino Rossi memang tampil menawan dalam seri pembuka tersebut. Ia berhasil finis di urutan ketiga meskipun harus memulai start dari urutan sepuluh dan menjalani sesi latihan yang kurang baik.


Klik: Ferrari Siapkan Pembalap Muda Guna Menggantikan Raikkonen


Beberapa bulan sebelum GP Qatar digelar, seluruh pembalap juga sempat menjalani sesi pramusim di Australia, Malaysia, serta Qatar. Namun, saat itu Rossi tetap saja kesulitan untuk menemukan performa terbaik. Menurut penjelasan Galbusera, sebagian besar kendala itu disebabkan kualitas ban lunak (soft) yang kurang baik. Karet bannya, dikatakan Galbusera, lebih mudah  habis dan membuat Rossi ragu-ragu untuk menggeber motor YZR-M1.

"Ban depan Valentino terlalu lembut dan lebih mudah habis. Saking hati-hatinya, dia bahkan seperti berjalan di atas kulit telur pada akhir-akhir balapan (GP Qatar)," ujar Galbusera seperti dikutip autosport.com, Kamis (30/3/2017).


Klik: Jalani Tes di Jerez, Lorenzo dan Dovizioso Punya Misi Berbeda


Berkaca dengan permasalahan itu, Galbusera lantas mengimbau Michelin agar meningkatkan kualitas ban untuk seri MotoGP selanjutnya. Ia yakin Rossi bisa meraih hasil lebih baik ketimbang podium ketiga apabila bisa tampil maksimal.

"Michelin harus menyediakan ban yang lebih keras untuk MotoGP Argentina. Saya berharap ban itu bisa bekerja lebih baik ketika melakoni GP Austin juga," ujar Galbusera.

"Kami sangat penasaran untuk melihat apa yang terjadi pada seri selanjutnya," tambahnya.

Seri kedua MotoGP 2017 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Termas de Río Hondo, Argentina, pada Minggu 9 April mendatang. Musim lalu, Rossi kalah dari Marc Marquez dan harus rela berdiri di podium kedua.(autosport.com)

 


(ACF)