MotoGP 2017

Yamaha Umumkan Empat Kandidat Pengganti Rossi di Aragon

Krisna Octavianus    •    10 September 2017 11:51 WIB
motogp 2017
Yamaha Umumkan Empat Kandidat Pengganti Rossi di Aragon
Lin Jarvis (Foto: motorcyclesports.net)

Metrotvnews.com, Rimini: Bos tim Yamaha MotoGP, Lin Jarvis telah menunjuk empat pembalap yang bisa menggantikan Valentino Rossi untuk seri balapan berikutnya di Aragon pada 24 September.

Rossi harus mundur dari balapan di Misano akhir pekan ini karena mengalami cedera patah kaki saat latihan motorcross dengan perkiraan waktu pemulihan dokter minimal 30 hari. Pembalap Italia sepertinya tidak akan fit untuk balapan di Aragon dua pekan mendatang.

BACA: Ferarri Impikan Raikkonen Bisa Menangi Balapan Musim Ini

Yamaha memilih untuk tidak mencarikan pengganti Rossi di GP Misano pekan ini. Mereka fokus degan pembalap tunggal dalam diri Maverick Vinales.

Namun, pabrikan asal Jepang tersebut wajib menurunkan dua pembalap saat balapan di Aragon, dan Jarvis mengatakan ada empat pilihan pembalap Yamaha yang bisa menggantikan Rossi untuk balapan Gran Premio Movistar de Aragon.

Jarvis menyebut nama pembalap World Superbike, Alex Lowes dan Michael van der Mark. Selain itu ada tes driver asal Jepang, Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane.

"Kami punya empat kandidat yang bisa menggantikan Rossi. Dua pembalap uji coba di Jepang, Nakasuga dan Nozane, dan kami memiliki dua pembalap Superbike, Alex dan Michael. Itu akan menjadi salah satu dari keempatnya," kata Jarvis.

Namun, Jarvis mengakui bahwa Juara Dunia FIM Endurance, Nozane kemungkinannya sangat kecil untuk menggantikan Rossi mengingat kurangnya pengalaman balapan di ajang sekelas MotoGP.

"Saya pikir akan ada perintah untuk meminta Nozane menggantikan Valentino di Aragon. Saya tidak berpikir dia memiliki pengalaman Aragon, dia pasti tidak memiliki pengalaman bertahun-tahun yang dimiliki Nakasuga dalam banyak balapan MotoGP," lanjutnya.

"Kemungkinan besar kami akan menurunkannya sebagai wildcard untuk mempercepatnya beradaptasi. Terlalu banyak tekanan untuk melemparkannya ke 'sarang singa'," pungkas Jarvis.

Kehilangan Rossi adalah kehilangan besar bagi Yamaha mengingat pabrikan berlambang garpu tala itu sedang kejar-kejaran di tabel klasemen konstruksi dengan Honda. Kehilangan satu pembalap andalan bisa mereduksi poin mereka.

 


(KRS)