Klasemen Akhir MotoGP 2018: Marquez Juara, Rossi Ketiga

Rendy Renuki H    •    19 November 2018 10:14 WIB
MotoGP 2018
Klasemen Akhir MotoGP 2018: Marquez Juara, Rossi Ketiga
Marc Marquez (Twitter/MotoGP)

Valencia: Gelaran MotoGP 2018 berakhir sudah pada seri terakhir di Valencia, Minggu 18 November. Marc Marquez menjadi juara dunia dengan menempati posisi puncak klasemen, sedangkan Valentino Rossi mengunci posisi ketiga.

Marquez tetap menyegel gelar musim ini meski pada seri terakhir gagal finis di Sirkuit Ricardo Torno, Valencia. Hujan yang mengguyur lintasan membuat pembalap Spanyol itu terjatuh dan gagal finis.

Pun begitu dengan Rossi. The Doctor harus rela melepas posisi kedua pada balapan yang tinggal menyisakan lima lap lagi. Ia tak bisa mengendalikan motornya dan gagal finis di Ricardo Torno.

Balapan pun dimenangkan oleh wakil Ducati Andrea Dovizioso yang meraih catatan waktu 24 menit 03.408 detik. Disusul Alex Rins dan Pol Espargaro di podium kedua dan ketiga.

Namun, hasil itu tidak berpengaruh kepada posisi tiga besar klasemen akhir MotoGP 2018. Marquez tetap memastikan juara dunia dengan menempati posisi pertama meraih total 321 poin.

Dovizioso mengunci urutan kedua klasemen dengan total torehan 245 poin. Disusul Rossi di tempat ketiga yang mengoleksi total 198 poin musim ini.

Seri terakhir di Valencia juga memastikan Repsol Honda sebagai juara kostruktor. Tim pabrikan asal Jepang itu mengumpulkan total 375 poin dan mengungguli para pesaingnya macam Ducati dan Yamaha.

Ducati menempati posisi kedua klasemen konstruktor dengan torehan 335 poin. Disusul Movistar Yamaha yang harus puas berada di posisi ketiga dengan nilai 281 poin.

Berikut klasemen akhir MotoGP 2018:

Klasemen Konstruktor MotoGP 2018:


 


(REN)