Jelang MotoGP San Marino

Wejangan Paus Francis untuk Para Pembalap MotoGP

Kautsar Halim    •    06 September 2018 11:42 WIB
MotoGP 2018
Wejangan Paus Francis untuk Para Pembalap MotoGP
Paus Francis. (Photo by VINCENZO PINTO / AFP)

Vatican: Paus Francis menasehati para pembalap yang akan berlaga di ajang MotoGP San Marino. Itu dilakukan dalam kunjungan pribadi rombongan MotoGP ke Vatican pada Rabu 5 September waktu setempat.

Menurut crash.net, terdapat lima pembalap yang ikut kunjungan pribadi tersebut. Mereka semua adalah Marc Marquez, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Danilo Petrucci dan Jack Miller.

Klik: Sebanyak 14 Negara Bakal Bersaing di Indonesia Masters Grand Prix

Selain itu, terdapat juga Paulo Simoncelli selaku ayah dari Marco Simoncello dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. Kunjungan sengaja dilakukan sebagai salah satu rangkaian kegiatan MotoGP San Marino pada akhir pekan mendatang.

Salah satu topik perbincangan dengan Paus Francis adalah soal kehidupan para pembalap yang senang mempertaruhkan nyawa demi mendapatkan titel juara. Dia menganjurkan para pembalap untuk melanjutkan kesenangan itu sambil tidak lupa dengan sisi kehidupan lain.  

"Biarkan semangat itu membawa kalian. Dunia ini butuh lebih banyak semangat. Hiduplah dengan semangat dan jangan jadikan hidup sebagai beban. Bersemangatlah demi kemajuan karena itu jalan hidup seorang juara," kata Paus Francis.

Klik: MotoGP 2021 di Indonesia Bisa Contoh Asian Games

"Ya, Anda mungkin sukses atau bisa menjadi juara di bidang olahraga. Tapi, juara sejati adalah orang yang tetap mempertahankan semangat itu dalam segala aspek kehidupan," tambahnya.

San Marino merupakan seri ke-12 MotoGP 2018. Saat ini Marquez masih memimpin klasemen sementara dengan koleksi 201 poin sambil dibuntuti oleh Valentino Rossi, Jorge Lorenzo sejumlah pembalap lainnya. (crash)

Video: Perjuangan Tiara Andini Rebut Emas di Asian Games 2018

 


(KAU)