MotoGP 2017

Hitung-hitungan Marquez Raih Juara Dunia di Seri Terakhir

Rendy Renuki H    •    12 November 2017 11:12 WIB
motogp 2017
Hitung-hitungan Marquez Raih Juara Dunia di Seri Terakhir
Marc Marquez (AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Valencia: Marc Marquez memiliki peluang besar meraih gelar juara dunia MotoGP musim ini di seri Valencia, Minggu 12 November. Rider Repsol Honda itu masih memimpin klasemen pembalap hingga seri pamungkas musim ini.

Marquez dan Dovizioso kini masih terpaut 21 poin di klasemen pembalap. The Baby Alien mengoleksi 282 poin, sementara The Little Dragon mengumpulkan 261 poin.

Namun, pembalap asal Spanyol itu wajib menjaga fokus di lintasan Sirkuti Ricardo Tormo jika ingin menyegel titel juara. Pasalnya, Marquez sudah dua kali terjatuh di lintasan jelang start MotoGP Valencia.

Marquez terjatuh saat sesi latihan bebas kedua, Jumat 10 November lalu. Ia kemudian kembali 'mencium aspal' pada sesi kualifikasi kemarin meski masih mampu mengamankan catatan waktu tercepat.


Baca: Jadwal Siaran Langsung Race MotoGP Valencia


Situasi itu akan menjadi ancaman Marquez jika ia kembali terjatuh dan gagal finis di Valencia. Ia bahkan akan kehilangan gelar juaranya di seri terakhir jika Andrea Dovizioso yang menjadi rival utamanya mampu finis terdepan.

Berikut hitung-hitungan Marquez meraih gelar juara dunia di seri terakhir:

- Jika Marquez finis terdepan, ia otomatis akan menjadi juara dunia di Valencia. Poinnya sudah tidak mungkin terkejar lagi walau Dovi finis di tempat kedua (Marquez 307, Dovi 281).

- Jika Marquez finis kedua dan Dovizioso pertama, Marquez masih mampu mengamankan gelar juara dunia. Situasi itu akan membuat keduanya masih terpaut 16 poin (Marquez 302, Dovi 286).

- Marquez masih akan terus mampu mengamankan gelar juara dunia jika finis di urutan 10 besar. Pun jika ia nanti harus finis ke-10, Marquez masih unggul dua poin dari Dovi (Marquez 288, Dovi 286) jiak rider Ducati itu finis pertama.

- Marquez akan kehilangan gelar juara dunia jika kembali terjatuh dan gagal finis pada seri terakhir ini. Namun, dengan catatan jika Dovi berhasil finis pertama (Marquez 282, Dovi 286 jika situasinya seperti yang dimaksud).

Video: Marc Marquez Raih Pole Position di MotoGP Valencia
 


(REN)