Jelang MotoGP Prancis

FP3 MotoGP Prancis Dikuasai Para Pembalap Medioker

Kautsar Halim    •    20 Mei 2017 16:42 WIB
motogp 2017
FP3 MotoGP Prancis Dikuasai Para Pembalap Medioker
Pembalap Octo Pramac Racing, Scott Redding. (AFP PHOTO / JEAN-FRANCOIS MONIER)

Metrotvnews.com, Le Mans: Scott Redding membuat kejutan pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Prancis, Sabtu 20 Mei. Pembalap tim Octo Pramac Racing itu berhasil menjadi yang tercepat dan langsung lolos ke fase kualifikasi 2.

Redding menjadi yang tercepat di FP3 setelah mengukuhkan waktu terbaik 1 menit 35.674 detik. Tren positif itu ia raih ketika menyelesaikan putaran ke-18 sambil menggeber motor Desmosedici GP16 miliknya hingga kecepatan tertinggi 303km/jam.


Klik: Tim Loncat Indah Indonesia Buat Kejutan di ISG 2017


Para pembalap unggulan seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, atau Maverick Vinales belum bisa finis di urutan tiga besar pada FP3. Meski begitu, catatan waktu yang mereka torehkan hanya berselisih kurang dari sedetik dengan Redding. Untuk di posisi dua dan tiga diisi oleh pembalap papan tengah Cal Crutchlow dan Jack Miller. Kondisi ini membuat mereka  langsung berada di kualifikasi 2 dan berpeluang besar untuk merebut pole position. Sebelum melakoni FP3, Miller bahkan menjadi yang tercepat di FP1.


Klik: KOI Sambut Hangat Kepulangan Tim Angkat Besi Indonesia


Pembalap tuan rumah, Zohan Zarco dan Sylvain Guintoli belum bisa berbicara banyak karena keduanya finis di urutan 20 besar pada FP3. Bahkan, Guintoli yang menggantikan Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar sempat terjatuh ketika melahap salah satu tikungan sirkuit.

Jorge Lorenzo dari tim Ducati masih gagal untuk bergabung ke fase kualifikasi 2 bersama Rossi maupun Marquez. Ia masih harus berupaya lebih keras pada FP4 karena finis paling buncit pada FP3.

Berikut hasil lengkap FP3 MotoGP Prancis:


10 Pembalap yang langsung ke fase kualifikasi 2:



(KAU)