Peluang Kembalinya Valentino Rossi ke Lintasan Balap

Kautsar Halim    •    09 September 2017 01:19 WIB
valentino rossi
Peluang Kembalinya Valentino Rossi ke Lintasan Balap
Valentino Rossi. (AFP PHOTO / Jure Makovec)

Metrotvnews.com, Rimini: Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi membeberkan peluangnya untuk kembali balapan di ajang MotoGP. Besar kemungkinan ia baru mengaspal lagi ketika MotoGP Jepang atau pada 15 Oktober mendatang.

Rossi terpaksa absen di ajang MotoGP karena kaki kanannya mengalami cedera ketika berlatih ketahanan balapan pada beberapa waktu lalu. Cedera tersebut cukup parah karena menyebabkan tulang fibula dan Tibia Rossi patah.

Menurut keterangan Rossi, cedera tersebut juga pernah ia alami pada 2010. Namun, kakinya baru bisa pulih lagi setelah menjalani pengobatan rutin dan beristirahat selama 40 sampai 41 hari.


Klik: Petrucci Bikin Kejutan di Sesi Latihan Bebas Kedua


Jika benar harus beristirahat selama itu, artinya Rossi belum bisa mengaspal di ajang MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon pada 24 September. Pasalnya, event tersebut berlangsung 22 hari setelah cedera itu terjadi. 

Prediksi paling realistis Rossi bisa kembali balapan baru bisa terlihat di ajang MotoGP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi sekitar 44 hari lagi. Kendati demikian Rossi juga belum bisa memberikan jawaban pasti terhadap prediksi tersebut.

"Semua kemungkinan itu masih tergantung kesembuhan kaki ini. Tadinya saya pikir baru bisa balapan lagi di Motegi (MotoGP Jepang), tapi tampaknya cukup sulit juga untuk mewujudkan prediksi itu," kata Rossi seperti dilansir Crash.


Klik: Menpora Pimpin Seremoni Penyatuan Tanah dan Air Indonesia


"Saya harus melihat perkembangan kaki ini, dan bagaimana reaksinya nanti. Apakah nanti saya bisa menggerakkannya atau malah membengkak, kita lihat saja nanti," tambah juara dunia sembilan kali tersebut.

"Terakhir kali mengalami cedera ini (2010), saya baru bisa kembali ke lintasan setelah beristirahat sekitar 40 atau 41 hari. Berkaca pengalaman itu, bisa saja saya baru balapan lagi di Motegi," lanjut Rossi. 

"Kalau Aragon masih jauh dari prediksi karena artinya baru tiga minggu semenjak kecelakaan terjadi. Tapi meskipun sulit, kami akan tetap berusaha tiap hari. Jadi, lihat saja nanti," pungkas The Doctor.

Rossi harus absen ketika sedang bertengger di urutan tiga klasemen sementara para pembalap MotoGP 2017. Saat ini, ia sudah mengantongi 157 poin dan hanya berselisih sembilan poin dengan Dani Pedrosa yang menempati posisi keempat. Sejauh ini, hanya Pedrosa saja yang berpeluang merebut posisi Rossi karena poin pembalap lainnya masih berjarak cukup jauh. (crash)

 


(KAU)