MotoGP 2017

Yamaha Mengonfirmasi tak Ada Pengganti Rossi di Misano

Alfa Mandalika    •    05 September 2017 11:56 WIB
motogp 2017
Yamaha Mengonfirmasi tak Ada Pengganti Rossi di Misano
Valentino Rossi. (Foto: AFP/Oli Scarff)

Metrotvnews.com, Lesmo: Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dipastikan absen di MotoGP San Marino, 10 September. Rossi harus menjalani pemulihan usai mengalami patah kaki.

Diketahui, Rossi mengalami kecelakaan motorcross enduro pada Kamis 31 Agustus silam. Kecelakaan di dekat kampung halamannya itu menyebabkan Rossi mengalami patah tulang fibula dan tibia di kaki kanannya.

Pembalap berjuluk The Doctor itu sudah menjalani operasi Jumat 1 September waktu Italia. Dokter yang menangani Rossi, Raffael Pascarella mengatakan Rossi harus beristirahat 30-40 hari.

"Operasi berjalan satu jam. Kami memasang pin untuk menstabilkan tulangnya yang patah. Dia akan tinggal di sini (rumah sakit) dalam beberapa hari sebelum memulai fisioterapi," kata Pascarella.

Baca: Pekan Brilian untuk Sean Gelael


"Akan membutuhkan waktu antara 30 hingga 40 hari untuk memulihkan kondisinya untuk bisa kembali bersaing di atas motor," sambung Pascarella.

Mendapatkan kabar tersebut, tim Yamaha langsung merespons. Mereka sudah memutuskan takkan mencari pembalap pengganti Rossi dan tetap mengandalkan Maverick Vinales di Sirkuit Misano.

"Seluruh pihak di Yamaha menginginkan Rossi cepat pulih dan berharap bisa menunggangi YZR-M1 sesegera  mungkin," demikian pernyataan Yamaha.

Waktu 30 - 40 hari adalah estimasi dari dokter. Apabila Rossi mampu pulih lebih cepat, bukan tak mungkin Rossi kembali mengaspal di Sirkuit Aragon.

Baca: Saatnya Fokus ke Asian Games


Sementara itu, pembalap uji Katsuyuki Nakasuga bisa menjadi alternatif tim Yamaha untuk mengantisipasi jika Rossi absen. Lalu rekan setim Nakasuga, Alex Lowes juga bisa digunakan oleh tim Yamaha. Namun, pembalap yang punya pengalaman di MotoGP membutuhkan izin dari Yamaha Eropa.

Saat ini, Rossi berada di posisi keempat dengan mengemas 157 poin. Dia terpaut 26 poin dari pimpinan klasemen, Andrea Dovizioso. 

Video: Kemenpora Gelar Rapat Evaluasi SEA Games Kuala Lumpur



(ASM)