MotoGP 2018

Kecerdasan yang Menyelamatkan Marquez

Patrick Pinaria    •    02 Juli 2018 15:13 WIB
MotoGP 2018
Kecerdasan yang Menyelamatkan Marquez
Marc Marquez (Foto: AFP/Vincent Jannink)

Assen: Perjalanan Marc Marquez menjadi juara MotoGP Belanda tidak mudah. Pasalnya, ada sejumlah insiden yang dialami pembalap asal Repsol Honda tersebut sebelum memenangkan balapan yang digelar di Sirkuit Assen itu.

Insiden pertama dialami Marquez di tikungan kelima. Ia terlibat senggolan dengan Alex Rins. Beruntung, peristiwa itu tidak membuat keduanya terjatuh.

Marquez kembali mengalami insiden. Tepatnya pada tikungan kesembilan. Kali ini, ia bersenggolan dengan pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales. Namun, kedua pembalap tersebut masih bisa melanjutkan balapan. Hingga akhirnya, Marquez berhasil meraih finis di urutan pertama pada balapan tersebut.

Baca: Gagal Menyelesaikan Balapan di Austria, Ini 'Tuntutan' Hamilton

Marquez mengaku insiden tersebut sangat menyulitkan lajunya. Namun, ia lega karena bisa juara. Menurutnya, hal itu bisa dicapai karena ia tampil fokus dan cerdas.

"Saya tidak tahu bagaimana Rins tetap bertahan dan juga saya. Saya hanya melihat foto dan itu gila. Saya ingat kami memiliki kontak dan ia menyenggol saya. Tetapi, pada akhirnya, semua insiden itu karena kesalahan saya," ujar Marquez.

"Saya ada di sana dan bersenggolan. Kemudian, saya hampir jatuh dari motor. Kaki kiri, tangan kiri, bahkan tuas kopling turun. Saya mencoba beradaptasi. Itu gila," sambungnya.

Baca: Alex Rins Beberkan Balapan Terberat Sepanjang Kariernya

"Kemudian, insiden dengan Vinales pada tikungan kesembilan. Ketika kami bersenggolan, saya melepaskan rem sepenuhnya karena saya memiliki kontak di lengan kanan. Saya keluar dari trek. Sulit untuk dikelola. Tetapi, pada akhirnya kami sangat cerdas, sangat fokus, dan sangat tepat," tutur Marquez.

Kemenangan pada balapan MotoGP Belanda membuat Marquez semakin nyaman di puncak klasemen. Dengan mengoleksi 140 poin, ia unggul 41 poin dari Valentino Rossi yang merupakan pesaing terdekatnya. (Crash)


Video: Pekan Sulit Pertamina Prema Theodore Racing di Austria

 


(ASM)