MotoGP 2018

Suzuki Dapat Dukungan Hak Konsesi Teknis dari Para Rival

Rendy Renuki H    •    07 Januari 2018 11:25 WIB
motogp
Suzuki Dapat Dukungan Hak Konsesi Teknis dari Para Rival
Pembalap tim Suzuki, Andrea Iannone (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)

Hamamatsu: Tim Suzuki mendapat dukungan kembali menggunakan hak konsesi teknis (melakukan pengembangan dan pengujian mesin tak terbatas) dari para rival mereka di MotoGP. Pabrikan asal Jepang itu memang sempat kehilangan hak konsesi teknisnya tahun lalu.

Suzuki kehilangan hak konsesi teknisnya setelah tim dianggap mampu bersaing usai Maverick Vinales mempersembahkan kemenangan pertama di musim 2016. Kemenangan itu membuat Suzuki kembali merasakan podium pertama sejak terakhir di dapat 2007 lalu di Silverstone.

Namun, dicabutnya konsesi teknis musim lalu membuat Suzuki kesulitan bersaing sepanjang musim 2017. Hal itu membuat beberapa pabrikan besar mendukung Suzuki kembali mendapatkan hak konsesinya.

Baca: Yamaha Bakal Prioritaskan Tim Balap Valentino Rossi


"Menurut saya, dan jujur saja, ini regulasi yang bagus. Sudah terbukti beberapa tahun terakhir itu membantu pabrikan yang sedang kesulitan," ucap mantan Team Principal Repsol Honda, Livio Suppo dikutip Motorsport.

"Saat ini, persaingan antar semua pabrikan cukup dekat. Bagus untuk pertunjukan dan ini sangat penting bagi kita semua,” sambungnya. 

Sementara, bos Yamaha, Lin Jarvis juga memberikan dukungan kepada Suzuki untuk mendapatkan kembali hak konsesinya.

"Jika Suzuki dapat menggunakan konsesi ini untuk meningkatkan permainan mereka dan menjadi lebih kompetitif, maka itu meningkatkan keseluruhan level. Akhir pekan yang lebih kompetitif yang bisa kita miliki dengan semua kehadiran pabrikan, itu lebih baik bagi kita semua,” kata Jarvis.

 


(REN)