Bukan Cuma Marc Marquez yang Dihukum Mundur Tiga Posisi

Gregah Nurikhsani Estuning    •    22 April 2018 19:08 WIB
MotoGP 2018
Bukan Cuma Marc Marquez yang Dihukum Mundur Tiga Posisi
Pol Espargaro. (Foto; AFP PHOTO / MOHD RASFAN)

Austin: Marc Marquez bukan cuma pembalap satu-satunya yang menerima hukuman pada sesi kualifikasi MotoGP Amerika. Pol Espargaro juga menerima hukuman mundur tiga posisi karena pelanggaran serupa.

Marquez berhasil merebut pole position pada kualifikasi hari Minggu 22 April dini hari tadi. Namun, hal itu menjadi sia-sia karena ia itu tidak akan start dari posisi terdepan di Circuit of the Americas (COTA).

Pembalap Repsol Honda itu dijatuhi penalti tiga grid oleh panitia balap MotoGP yang membuatnya harus keluar dari posisi terdepan. Penyebabnya, Marquez terlibat insiden dengan pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales.

Klik: Marquez Rebut Pole Position di COTA

Ia terkena penalti usai hasil investigasi menunjukkan ada upaya sengaja mengurangi kecepatan motornya saat Vinales sedang berjuang mencetak catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi.

Espargaro ternyata juga mendapatkan hukuman sama. Pembalap KTM itu memperlambat laju motornya sehingga menghalangi Marc VDS, Thomas Luthi, mengejar catatan waktu terbaik saat sesi kualifikasi pertama.

Hal tersebut jelas merugikan karena saudara kandung Aleix Espargaro itu sempat mencatat waktu terbaik di kualifikasi pertama. Performanya menurun di kualifikasi kedua dengan hanya meraih posisi ke-12. Hukuman mundur tiga grid membuatnya harus memulai balapan dari posisi ke-15.

Video: Rossi Lupakan Insiden Argentina
 


(PAT)