Jelang MotoGP Valencia

Michelin Langsung Tes Ban 2017 di Valencia

Ahmad Garuda    •    09 November 2016 10:55 WIB
motogp valencia
Michelin Langsung Tes Ban 2017 di Valencia
Michelin tes ban 2017 di sesi tes resmi MotoGP Valencia. Michelin

Metrotvnews.com, Valencia: Produsen ban balap MotoGP yaitu Michelin rupanya sudah mulai membawa tipe ban 2017 di MotoGP Valencia pekan ini (13/11/2016). Mereka akan langsung memasok ban tersebut kepada tim-tim balap setelah sesi tes resmi dimulai.

Tapi tak disebutkan apakah ban tersebut juga akan disesuaikan dengan kondisi trek Valencia yang butuh spek khusus, atau mungkin secara umum dulu. Tapi paling tidak ini akan menjadi tolak ukur, bagian yang dirasakan kurang mumpuni.

"Valencia ini akan jadi putaran terakhir di MotoGP 2016 tapi sekaligus menjadi penanda bahwa kami untuk melakukan uji coba ban terbaru yang rencananya kami pasok 2017. Dalam sesi tes nantinya, kami akan menghadirkan ban hasil riset dan masukan dari para pembalap setelah setahun ini," ujar Direktur Sport 2Wheel Michelin, Piero Taramasso.

Sekadar kilas balik ke belakang, tahun lalu ketika mereka menjani sesi tes untuk pertama kali bersama tim-tim balap ini, banyak kekurangan yang dikeluhkan para pembalap. Mereka melihat bahwa ban depan Michelin dianggap berbahaya karena strukturnya terlalu lunak. Sehingga saat grip berkurang, itu terjadi dengan drastis tanoa feeling khusus dari pembalap.

Kini, pabrikan ban asal Perancis itu memasok ban dengan kualitas yang sudah memenuhi sebagian besar keinginan pembalap di MotoGP. Tapi untuk beberapa hal yang dirasakan kurang, seperti grip belakang saat trek basah, bakal jadi fokus utama untuk diselesaikan.


(UDA)