Prediksi MotoGP Jepang

Yamaha dan Ducati Diprediksi Berjaya di MotoGP Jepang

Ahmad Garuda    •    13 Oktober 2016 12:19 WIB
prediksi motogp
Yamaha dan Ducati Diprediksi Berjaya di MotoGP Jepang
Yamaha diprediksi kuasai MotoGP Jepang, Ducati bisa menyodok. Ducati

Metrotvnews.com, Jepang: Berbicara tentang peluang terbesar pembalap mana atau tim mana yang bakal meraih hasil terbaik di MotoGP, banyak yang memprediksi bahwa Yamaha punya peluang yang paling besar. Tapi dari sisi karakter sirkuit, Ducati yang juga punya kelebihan di stop & go, harusnya juga punya peluang.

Menurut prediksi beberapa kalangan termasuk dari pembalap MotoGP itu sendiri (Marc Marquez dan Valentino Rossi), bahwa Yaamaha di atas kertas punya keunggulan tersendiri. Tapi dari sisi karakter sirkuit dan karakter motor, Ducati bisa menyodok posisi terbaiknya. "Di atas kertas kami memiliki keunggulan. Tapi pastinya butuh setup yang juga pas untuk mewujudkan semua itu," klaim Rossi.

Lain halnya dengan Marquez, Ia mengaku bahwa sekarang saatnya Ia tampil lebih kalem (tidak ngotot). Ia sadar bahwa sirkuit ini tidak sesuai dengan karakter motornya sekarang dan akan kesulitan mengejar jika kesulitan. Sementara Ia harus mulai berhitung untuk meraih titel juara dunia dengan keunggulan poin yang lumayan besar di klasemen pembalap sementara.

"Saatnya tampil lebih tenang dan tidak ngotot. Kami tahu secara hitungan kami tidak cukup kompetitif saat ini untuk karakter Motegi. Jadi rasanya saya takkan tampil ngotot untuk meraih kemenangan. Tapi jelas kami akan berupaya melakukan yang terbaik agar meraih hasil terbaik."

Lalu bagaimana peluang Ducati untuk tampil meraih kemenangan di Motegi? mungkin saja ini terjadi. Jangan lupa, mereka sangat perkasa di zona pengereman berat dan zona akselerasi full. Bayangan di Sirkuit Red Bull Racing mungkin bisa jadi patokannya. Motor asal Italia itu tampil superior dari awal hingga akhir balapan.

Tantangan terbesar Ducati di Motegi adalah karena banyak kombinasi tikungan S atau tikungan kecil-kecil, sehingga setup presisi geometry motor mereka masih perlu perbaiki. Sementara Yamaha, memang sedikit lemah di zona akselerasi, namun akan sangat terbantu di zona pengereman berat dan juga tikungan-tikungan kecil tadi.

Lalu bagaimana peluang Suzuki? mengingat mereka juga cukup tangguh melalui Maverick Vinales di beberapa seri. Mereka mengatakan belum berani pasang target tinggi jika berlangsung dalam kondisi trek kering. Faktor tenaga dan akselerasi motor serta masih kurang kuat di sisi pengereman, adalah hal yang membuat mereka kurang pede.

Tapi namanya laga di kandang tim sendiri, rasanya Vinales bakal berupaya keras untuk paling tidak bersaing merebut posisi finish podium.
(UDA)