Jelang MotoGP San Marino

Para Pembalap MotoGP Mampir ke Vatican

Kautsar Halim    •    06 September 2018 11:25 WIB
MotoGP 2018
Para Pembalap MotoGP Mampir ke Vatican
Sesi jumpa pers MotoGP. (Photo by Jure Makovec / AFP)

Vatican: Paus Francis berbicara tentang pentingnya olahraga dalam pembentukan generasi muda yang berkualitas. Itu ia utarakan ketika rombongan pembalap MotoGP melakukan kunjungan khusus ke Vatican pada Rabu 5 September waktu setempat.

Menurut crash.net, terdapat lima pembalap yang ikut kunjungan pribadi tersebut. Mereka semua adalah Marc Marquez, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Danilo Petrucci dan Jack Miller.

Klik: Ini Pesaing Indonesia Menurut Atlet Senior Para Games

Selain itu, terdapat juga Paulo Simoncelli selaku ayah dari Marco Simoncello dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. Kunjungan itu sengaja dilakukan sebagai salah satu rangkaian kegiatan MotoGP San Marino pada akhir pekan mendatang.

"Olahraga harus respek dengan peraturan. Itu adalah salah satu hal penting yang harus dipelajari, khususnya bagi generasi muda. Kemudian dengan kata lain, olahraga juga cara sehat untuk mengatas diri dari keegoisan," ujar Paus Francis saat bertemu dengan rombongan MotoGP.

"Di dalam olahraga terdapat semangat berlatih, kesetiaan hubungan pribadi, pertemanan dan saling menghormati peraturan," tambahnya.

"Olahraga merupakan bahasa universal yang membuka kurungan ras, agama dan ideologi. Biasanya itu sering terlihat di level amatir, yang mana para atletnya masih bermain dengan sepenuh hati," lanjut Paus Francis.

Klik: Sebanyak 14 Negara Bakal Bersaing di Indonesia Masters Grand Prix

Para pembalap yang ikut kunjungan tidak terganggu dengan ceramah Paus Francis. Justru sebaliknya, mereka malah mengaku kagum bisa bertemu pemimpin tertinggi umat Katolik di dunia tersebut.

"Ini adalah pengalaman hebat meskipun kami berbeda. Kami bukan hanya bertemu, tetapi bisa berbincang-bincang langsung dengannya. Sungguh menyenangkan bisa berada di sini," kata Marquez.

"Ini adalah pertama kalinya saya ke sini dan bertemu dengan Paus. Saya benar-benar salah satu orang yang beruntung," ujar Iannone.

"Ini adalah kesempatan unik sekaligus spesial karena bisa bertemu Paus. Terlebih lagi, untuk kami yang berkecimpung di bidang olahraga ekstrim yang penih risiko," sambung Pedrosa.

Video: Perjuangan Tiara Andini Rebut Emas di Asian Games 2018

 


(KAU)