Tes Pramusim Valencia

Di Jerez, Yamaha akan Tentukan Penggunaan Mesin

A. Firdaus    •    22 November 2018 11:24 WIB
tes motogp
Di Jerez, Yamaha akan Tentukan Penggunaan Mesin
Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi (Foto: Motogp)

Valencia: Tim Movistar Yamaha tampil apik pada tes pramusim 2019 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Selama dua hari tes berlangsung, Yamaha menempatkan Maverick Vinales sebagai pembalap tercepat.

Sementara Valentino Rossi berada di posisi tercepat ketiga pada hari pertama. Sedangkan pada hari kedua, The Doctor hanya menempati posisi kesembilan.

Kendati mengalami penurunan hasil, Rossi mengaku tak ada perbedaan dengan penggunaan mesin dibandingkan pada hari pertama. Hanya, pemegang sembilan gelar juara dunia ini mengaku ada sesuatu yang tak fantastis pada motornya.

"Kami mampu meningkat dibandingkan kemarin, tapi sayangnya lawan kami juga lebih meningkatkan performa mereka. Dengan ban baru kami tidak begitu buruk, tetapi setelah beberapa lap kami lebih menderita dan kecepatan kami tidak fantastis," ujar Rossi.

Rossi juga mengatakan mesin baru versi kedua menawarkan sedikit perbedaan dibandingkan dengan versi pertama yang digunakan pada Selasa. Kini, Yamaha berfokus pada akselerasi yang lebih halus dan pengereman untuk memperpanjang umur ban.

"Masalah utamanya adalah mencoba spesifikasi mesin 2019 yang kedua. Kami mencoba berulang-ulang, tetapi sungguh tidak ada perbedaan besar sehingga kami memiliki kinerja yang kurang lebih sama," tambahnya.

Rossi dan Yamaha akan melanjutkan menjajal materi mesin baru di Jerez. Di sana, mereka akan mencoba memahami dan memutuskan yang mana yang terbaik demi bisa memberikan beberapa indikasi kepada Yamaha.

"Jerez adalah ujian penting karena di grand prix pada bulan Mei kami tidak terlalu cepat, jadi kami perlu memahami jika kami kuat," tegasnya.

Tes kedua pramusim 2019 dijadwalkan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol bagian selatan pada 28 dan 29 November mendatang.

David Jacobs Tatap Paralimpiade Tokyo 2020



(FIR)