Komentar Marc Marquez Soal Peluang Banting Setir ke Ajang F1

Achmad Firdaus    •    29 Juni 2017 20:17 WIB
motogp 2017
Komentar Marc Marquez Soal Peluang Banting Setir ke Ajang F1
Marc Marquez saat menghadiri konferensi pers jelang MotoGP Barcelona 2017 (Foto: AFP PHOTO / Josep LAGO)

Metrotvnews.com, Sachsenring: Marc Marquez tidak berniat mengikuti jejak John Surtees yang sukses mengawinkan gelar juara di ajang MotoGP dan juga Formula 1. Meski begitu, bukan berarti pembalap Repsol Honda tersebut tidak tertarik untuk merasakan sensasi memacu mobil F1.

"Tidak. Jujur, saya tidak pernah berpikir untuk beralih ke ajang empat roda (F1)," ujar Marquez di sela-sela persiapannya jelang MotoGP Jerman, akhir pekan ini.

Selain karena kecintaannya pada dunia balap motor, satu hal yang membuat Marquez enggan beralih ke F1 adalah fakta bahwa skill pembalap tidak cukup untuk jadi juara dunia di ajang F1.

"Di ajang F1, faktor mobil lebih penting dari (skill) pembalap. Jika sang pembalap memiliki sklill mumpuni, namun jika ia tidak memiliki mobil yang kompetitif, maka mustahil dia bisa menang (balapan) - terkecuali dalam kondisi hujan atau faktor non teknis lain," lanjut Marquez.
 

Baca: Jadwal Lengkap MotoGP Jerman Akhir Pekan Ini


"Sementara di dunia balap motor, faktor motor memang penting, tapi Anda tetap berpeluang memenangi balapan atau setidaknya finis di posisi sepuluh jika memiliki skill yang mumpuni," imbuhnya.

Lebih jauh, Marquez tidak menutup kemungkinan merasakan sensasi kecepatan mobil F1, seperti yang pernah dilakukan dua rivalnya, Valentino Rossi dan juga Jorge Lorenzo. Rossi pernah menggeber mobil Ferrari, sedangkan Lorenzo memacu jet darat milik Mercedes.

"Mungkin, suatu saat nanti saya akan mencoba (mobil F1). Mungkin saat libur musim dingin nanti. Tapi, untuk terjun ke ajang F1, saya tidak pernah berpikir ke sana," tandasnya.


(John Surtees saat beraksi di ajang balap motor I www.thesun.co.uk)

Sepanjang sejarahnya, John Surtees menjadi satu-satunya pembalap yang sukses jadi juara dunia di MotoGP dan F1. Pria asal Inggris yang awal tahun ini meninggal di usia 83 tahun tersebut, sukses jadi juara dunia di kelas 500cc sebanyak empat kali (1956, 1958, 1959, dan 1960).
 

Baca juga: MotoGP akan Tambah Durasi Waktu Sesi Awal Latihan Bebas


Setelah itu, ia memutuskan beralih ke ajang F1 dan sukses merebut gelar juara dunia pada tahun 1964. Surtees melakukannya bersama tim Ferrari.

Sejak saat itu hingga saat ini belum ada pembalap lain yang sukses mengikuti jejak Surtees. Pembalap asal Venezuela, Johnny Cecotto sempat berpeluang mengikuti jejak Surtees ketika ia beralih ke F1 usai jadi juara dunia di kelas 350cc.


(John Surtees saat beraksi di ajang F1 I s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Sayangnya, Cecotto gagal meraih sukses di ajang F1 lantaran ia lebih banyak menghabiskan kariernya di F1 1983--1984 dengan cedera kaki.

Valentino Rossi menjadi pembalap terakhir yang kabarnya akan coba mengikuti jejak Surtees. Peraih tujuh titel MotoGP sempat ramai dirumorkan bakal beralih ke ajang F1. Namun, hingga saat ini hal tersebut tidak terwujud. Memasuki usianya yang ke-38 tahun, The Doctor masih fokus untuk mengejar prestasi di ajang MotoGP. (Fox Sports)

Video: ?Pro Kontra Aksi Senggol Vettel
 


(ACF)