MotoGP Australia

Marquez Tampil Beringas karena Disenggol Lebih Dulu

Kautsar Halim    •    22 Oktober 2017 23:55 WIB
motogp 2017
Marquez Tampil Beringas karena Disenggol Lebih Dulu
Suasana balapan MotoGP Australia. (AFP PHOTO / PAUL CROCK)

Metrotvnews.com, Phillip Island: Kemenangan disebutkan Marc Marquez merupakan target utama dirinya di ajang MotoGP Australia. Oleh karena itu, tidak heran jika dia tampil sangat agresif ketika melakoni balapan di Sirkuit Phillip Island, Minggu 22 Oktober.

Marquez berhasil menjadi yang tercepat di ajang MotoGP Australia dengan catatan waktu 40 menit 49.772 detik. Posisi terdepan baru ia dapatkan pada putaran-putaran akhir karena lawannya tampil sangat menawan untuk menjadi yang tercepat.

Setidaknya, terdapat lima pembalap yang bersaing memperebutkan posisi terdepan di ajang MotoGP Australia. Selain Marquez, ada Valentino Rossi, Jack Miller, Maverick Vinales, dan Johann Zarco juga yang sempat memimpin lomba.


Klik: Gregoria Sambut Gelar Juara dengan Tangis Bahagia


Marquez sengaja tidak mendominasi balapan sejak putaran awal karena menyadari lawannya nekat melakukan apa saja demi merebut posisi terdepan. Situasi itu baru diketahui setelah Marquez disenggol salah satu pembalap di lintasan.

"Saya sudah coba menghindari duel, tetap tenang dan terus hangatkan ban. Tapi setelah beberapa putaran malah terdapat senggolan. Dari situ, saya baru berpikir balapan ini bakal ketat seperti Moto3," kata Marquez.

"Saya langsung sadar harus menyerang atau mereka yang  menyalip saya. Terdapat beberapa tanda senggolan ban di baju balap dan motor saya. Tapi itu terjadi karena saya tampil agresif juga," tambahnya.

"Sebuah kecelakaan atau gagal mendapat poin bisa menjadi  bencana dengan gaya balapan seperti itu. Tapi, ini memang waktu yang tepat untuk menyerang karena saya tahu pentingnya menjaga selisih poin dalam kejuaraan ini," lanjut Marquez.


Klik: Klasemen Pembalap Usai MotoGP Australia


Tambahan 25 poin dari MotoGP Australia membuat Marquez memimpin klasemen sementara dengan koleksi 269 poin. Jumlah tersebut membuatnya berselisih 33 poin dengan Andrea Dovizioso yang setia membuntutinya di urutan dua.

Jumlah poin Marquez saat ini juga sangat menjanjikan karena MotoGP musim 2017 tinggal menyisakan dua seri lagi, yakni di Malaysia dan Valencia. Dengan begitu artinya, Marquez hanya perlu menjadi juara sekali lagi untuk menjadi juara dunia.

"Ada waktunya bernapas dan mengambil keputusan dalam balapan. Tapi sekarang (di MotoGP Australia) merupakan waktu yang tepat untuk mengambil poin," tutup Baby Alien.

 


(KAU)