MotoGP 2018

Jelang MotoGP Argentina: Aprilia Jajal Swingarm Karbon

Kautsar Halim    •    27 Maret 2018 00:57 WIB
apriliaMotoGP 2018
Jelang MotoGP Argentina: Aprilia Jajal Swingarm Karbon
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, menjajal kekuatan motornya lewat tes pramusim di Sirkuit Sepang. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)

Jerez: Tim Aprilia melakukan pemutakhiran terhadap motor RS-GP yang mereka gunakan di ajang MotoGP. Rencananya, kuda besi tersebut akan dilengkapi dengan swingarm berbahan karbon.

Keseriusan Aprilia menggunakan swingarm karbon tersebut sudah mencapai tahap uji coba. Kegiatan itu akan mereka lakukan lewat tes khusus di Jerez pada pekan ini.


Klik: Hamilton Ukir Rekor Baru di Sesi Kualifikasi


Penggunaan swingarm berbahan karbon bukan strategi baru untuk pabrikan asal Italia tersebut. Hanya saja, itu mereka lakukan untuk ajang GP250.

Sejauh ini, Aprilia menggunakan swingarm konvensional di ajang MotoGP, yakni yang berbahan dasar alumunium. Jika tesnya berjalan lancar, swingarm karbon itu akan mereka gunakan di ajang MotoGP Argentina.

"Tim uji coba kami akan menjajal swingarm karbon di Spanyol. Setelah itu, baru akan kami bawa kepada tim balap (di ajang MotoGP)," kata juru bicara Aprilia seperti dilansir Crash.


Klik: Keluhan Valentino Rossi Jelang GP Argentina


Aprilia bisa dibilang tertinggal untuk urusan swingarm di ajang MotoGP. Pasalnya, Ducati yang juga berasal dari Italia sudah menggunakannya sejak 2009.

Tim Repsol Honda juga menyematkan swingarm karbon di motor RC213V. Hasilnya lumayan bagus karena Marc Marquez bisa finis di urutan kedua pada ajang MotoGP Qatar beberapa waktu lalu.

Aprilia diperkuat oleh Aleix Espargaro dan Scott Redding. Keduanya gagal mendapatkan poin pada MotoGP Qatar karena sama-sama finis di bawah urutan ke-15.

 


(ACF)