Rossi Lebih Baik dari Vinales di Yamaha Karena...

M. Rizky Adhestian    •    13 Agustus 2018 18:41 WIB
MotoGP 2018
Rossi Lebih Baik dari Vinales di Yamaha Karena...
Valntino Rossi (belakang) dan Maverick Vinales (depan) (Foto: AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Spielberg: Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, membeberkan apa yang menjadi faktor dirinya bisa memacu YZR-M1 lebih baik dari rekan satu timnya, Maverick Vinales. Namun, The Doctor yakin Vinales bisa kembali kompetitif ketika Yamaha mampu menyembuhkan masalah kambuhannya.

Tim pabrikan maupun satelit Yamaha kembali tak mampu mencatatkan kemenangan pada MotoGP Austria, Minggu 12 Agustus kemarin. Kini, tercatat sudah 22 balapan berturut-turut Yamaha tanpa kemenangan, terhitung sejak musim lalu.

Sejak awal musim 2018, Rossi kerap mengeluhkan masalah kelistrikan Yamaha. Hal itu diyakini belum juga menemui solusinya hingga saat ini.

Baca: Bukan Kemenangan, Ini Strategi Marquez Sejak Awal GP Austria

Meski begitu, Rossi masih bisa menanganinya dengan baik. Hal itu terlihat dari konsistensi sejak balapan seri pertama musim 2018 yang mampu membawanya bertengger di urutan kedua klasemen sementara.

Berbeda halnya dengan Vinales. Pembalap yang baru bergabung dengan Yamaha pada tahun lalu itu dinilai lebih kesulitan dari Rossi. Perbedaan keduanya terlihat dari raihan poin, banyaknya podium serta posisi di klasemen.

Ketika ditanya mengapa ia mampu memacu Yamaha lebih baik dari Vinales, Rossi menjawab rahasianya adalah pada pengalaman dan karakter.

"Bagi saya, pertanyaannya soal pengalaman karena saya melewati banyak masa sulit (dalam karier), lebih dari Vinales, yang juga lebih muda dari saya. Tetapi juga soal karakter," kata Rossi.

Baca: Klasemen Pembalap usai MotoGP Austria

Kendati demikian, Rossi meyakini Vinales masih berpotensi meraih kemenangan bersama Yamaha. Namun, pabrikan asal Jepang itu harus mengembangkan motornya terlebih dahulu.

"Saya yakin jika motornya berkembang, Vinales bisa menangkan balapan berikutnya. Dia bukannya tidak jago lagi, tetapi dia butuh motor yang lebih baik," ujar Rossi.

Keunggulan Rossi sangat terbukti pada balapan di GP Austria. Peraih tujuh gelar juara dunia MotoGP itu masih mampu finis di urutan keenam setelah memulai lomba dari urutan 14.

Sementara itu, Vinales harus terseok-seok finis di urutan 12. Rider berusia 23 tahun itu kini bertengger di urutan kelima kalsemen dengan jarak 29 poin dari Rossi.




(ACF)