Pembalap Cedera

Pedrosa Pasang Penyanggah Tulang Selangka di Spanyol

Ahmad Garuda    •    16 Oktober 2016 09:37 WIB
motogp jepang
Pedrosa Pasang Penyanggah Tulang Selangka di Spanyol
Dani Pedrosa jalani pemasangan penyanggah tulang di Spanyol. BauerCDN

Metrotvnews.com, Spanyol: Mengalami kecelakaan parah di sesi latihan MotoGP Motegi, Spanyol pada Jumat (14/10/2016), membuat Dani Pedrosa menderita cedera patah tulang selangka. Setelah dilakukan pemulangan pada Sabtu malam (15/10/2016), tim dokter yang menanganinya pun langsung melakukan pemeriksanaan lanjutan dan tindakan operasi.

"Setelah kami lakukan CAT Scan, bisa dikatakan bahwa Dani Pedrosa mengalami patah tulang selangka sebelah kanan dan terdapat 4 bagian. Cukup buruk karena patahan ketiga berpotensi mengalami pemendekan ruas tulang. Hasil scan itu juga memperlihatkan bahwa terdapat retak pada tulang fibula kanan tapi tidak ada dislokasi. Hanya butuh sedikit imobilisasi," terang Dr. Victor Marlet dan Sergi Barrera.

Usai melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan tindakan yang bakal mereka ambil, tim dokter tersebut menyatakan bahwa Pedrosa harus pasang pin atau penyanggah tulang, Penyanggah ini biasanya diambil dari material anti karat, ringan dan nyaman bagi tulang. Dalam hal ini menggunakan titanium khusus.

"Operasi Pedrosa berjalan dengan sukses dan kami akan melakukan evaluasi pada kondisinya beberapa hari mendatang."

Tulang selangka yang mengalami patah tersebut sudah pernah patah di sirkuit yang sama 2011 lalu. Saat itu penyebabnya bukan kesalahan yang dibuat oleh Pedrosa, melainkan kesalahan teknis karena kerusakan kabel tuas gas di motornya.


(UDA)