Tes pramusim MotoGP 2018

Valentino Rossi Mengeluhkan Masalah Ban Belakangnya

M. Rizky Adhestian    •    19 Februari 2018 12:10 WIB
MotoGP 2018
Valentino Rossi Mengeluhkan Masalah Ban Belakangnya
Valentino Rossi. (Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha)

Buriram: Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, gagal memetik hasil positif dari tiga hari tes pramusim di Sirkuit Internasional Buriram. The Doctor mengeluhkan masalah dengan ban belakangnya yang dinilainya memperlambat laju motor.

Optimisme Rossi usai menjalani tes pramusim di Sepang, tidak berbuah baik pada tes di Buriram. Buktinya, Rossi harus puas dengan posisi ke-12 yang diraihnya dari hasil akhir tes di trek Thailand tersebut.

Catatan waktu Rossi terpaut 0,730 detik dari peraih hasil tercepat, Dani Pedrosa, dengan waktu 1 menit 29,781. Rekan satu tim Maverick Vinales itu menjelaskan masalah utama dari hasil buruknya tersebut.

Baca: Pedrosa Kuasai Tes Pramusim di Thailand


"Kami selalu bermasalah dengan ban belakang dan hasil yang kami raih berkolerasi dengan masalah tersebut. Bagi saya, masalahnya adalah jika bannya lebih empuk, Anda bisa jalan lebih cepat. Namun sialnya, saya kehilangan sesuatu dari ban belakang saya, sedikit, karena temperatur bannya sangat tinggi," jawaban Rossi saat ditanya soal masalahnya.

"Maka Anda terpaksa jalan dengan ban yang agak keras. Ketika bannya terlalu keras, Anda bisa selamat sampai akhir balapan, namun Anda menjadi lebih lambat! jadi kami telah berusaha keras, namun semua (hasil) itu ada hubungannya dengan ban belakang," sambungnya.

Baca: Zarco Anggap Tes di Buriram Berjalan Kompetitif


Pembalap berusia 39 tahun itu mengakui Yamaha masih punya banyak pekerjaan yang belum selesai. Selain ban, ia juga menjelaskan tentang masalah kelistrikan Yamaha, yang dinilainya semakin buruk sejak perubahan sistem perangkat lunak pada 2016.

"Kami tidak banyak berkembang dibandingkan tahun lalu, jadi saya rasa kami punya banyak pekerjaan dan saat ini kami berusaha keras. Tapi ini hanya untuk hari ini. Mungkin di Qatar bisa lebih baik," ujarnya.

Pembalap Movistar Yamaha lainnya, Vinales, memetik hasil yang lebih baik dari Rossi dengan finis di posisi delapan. MotoGP akan melanjutkan tes pramusim finalnya di Qatar pada awal bulan Maret. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow akun instagram kami @medcom_olahraga

Video: Federer Kembali Duduki Peringkat 1 Dunia


(ASM)