MotoGP Jerman 2017

Fakta Menarik yang Terjadi usai MotoGP Jerman

A. Firdaus    •    03 Juli 2017 17:02 WIB
motogp 2017
Fakta Menarik yang Terjadi usai MotoGP Jerman
Suasana MotoGP Jerman usai para pembalap melakukan start (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Hohenstein-Ernstthal: MotoGP tahun ini bisa dikatakan paling menarik. Pasalnya, hingga balapan kesembilan digelar, belum diketahui siapa saja pembalap yang tampil mendominasi.

MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring tadi malam menjadi bukti, bagaimana para pembalap papan atas belum bisa unjuk gigi untuk bisa mengerucutkan persaingan gelar juara musim ini.

Meski pada akhirnya Marc Marquez menjadi juara untuk kedelapan kalinya secara beruntun di sirkuit sepanjang 3,671 km, toh kita belum mengetahui dengan pasti apakah rider berjuluk Baby Alien itu memastikan sebagai yang terkuat pada musim ini.

Klik di sini: Menpora Geram dengan Sikap Otoriter Malaysia

Memang dengan tambahan 25 poin hasil balapan di GP Jerman, Marquez mampu memimpin klasemen sementara. Tapi dia merupakan salah satu dari empat pembalap yang mencicipi puncak klasemen sepanjang musim ini berlangsung. 

Beberapa fakta di atas bukan menjadi satu-satunya bumbu penyedap kalau MotoGP tahun ini berlangsung menarik. Sebab para pembalap dari tim satelit juga mencoba unjuk gigi untuk membuat balapan musim ini kian menarik untuk disimak.

Contoh terkini dilakukan Jonas Forges. Rider Monster Yamaha Tech 3 ini menghadirkan kejutan di negeri sendiri dengan finis di posisi kedua. Tak hanya itu, ia juga menjadi satu dari 10 pembalap berbeda yang berhasil meraih podium pada musim ini.

Klik di sini: Perdana Naik Podium, Begini Respons Jonas Folger

Berikut fakta menarik yang tercipta usai MotoGP Jerman digelar:
-Marquez patut dinobatkan sebagai raja Sachsenring, lantaran telah menjadi yang tercepat selama delapan tahun beruntun.

-Delapan gelar juara itu dia lakukan di kelas MotoGP sebanyak lima kali (2013, 2014, 2015, 2016, dan 2017) Moto2 2 kali (2012 dan 2011), dan sekali di kelas 125 cc (2010).

-Memuncaki klasemen, Marquez menjadi pembalap keempat yang pernah merasakannya di musim ini. Sebelumnya ada Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso.

-Satelit Monster Yamaha Tech 3 menjadi tim yang mengejutkan pada musim ini. Dua kali pembalap mereka berhasil meraih podium. Johann Zarco pernah finis di posisi kedua di Le Mans dan terkini ada Folger yang meraihnya di Sachsenring.

-Folger menjadi pembalap ke-10 yang merasakan podium tahun ini.

-Folger menjadi pembalap Jerman pertama yang menerima penghargaan setelah meraih fastest lap selama balapan di Sirkuit Sachsenring dengan 1 menit 21.442 detik.

-Rookie berusia 23 tahun ini juga menjadi pembalap Jerman pertama yang meraih podium di kelas premier. Sebelumya hasil terbaik diraih Stefan Bradl yang finis di posisi keempat pada 2013.

Russel Westbrook Raih Gelar Pemain Terbaik NBA
 


(ACF)