MotoGP 2018

Ducati tak Sepenuhnya Bahagia dengan Performa Lorenzo

A. Firdaus    •    09 Desember 2018 12:08 WIB
MotoGP 2018
Ducati tak Sepenuhnya Bahagia dengan Performa Lorenzo
Jorge Lorenzo (Foto: AFP)

Bologna: Jorge Lorenzo mengaku punya peran penting dalam kemajuan Ducati saat diperkuatnya. Kini dia merasa puas meninggalkan tim asal Italia itu dengan sebuah peran pentingnya.

Lorenzo gabung ke Ducati pada 2017, mengakhiri hubungan selama sembilan tahun bersama Yamaha. Sayang saat bergabung dengan Ducati selama dua musim, Lorenzo gagal menjadi juara dunia.

Terlepas dengan minimnya prestasi Lorenzo, Ducati bisa dikatakan bisa bersaing dengan dua tim papan atas MotoGP. Salah satunya menjadi runner up di bawah Honda dalam klasemen akhir MotoGP 2018.

"Mungkin ini bukan hak saya untuk mengatakan, tapi mungkin tanpa saya datang ke tim ini, mereka takkan membuat evolusi motor begitu cepat di beberapa sektor," ujar Lorenzo.

"Saya percaya mereka menemukan beberapa area yang tidak begitu mereka kerjakan sebelum kedatangan saya. Ini membuat saya senang. Ini masalah waktu saja," terang juara dunia MotoGP tiga kali tersebut.

Tapi nada ketidakpuasan dilontarkan kepala teknis Ducati, Gigi Dall'Igna. Menurutnya warisan yang ditinggalkan Lorenzo seharusnya bisa meraih juara dan mempersembahkan gelar untuk Ducati, bukan duduk di posisi kesembilan klasemen akhir pembalap MotoGP 2018.

"Sejujurnya saya tidak benar-benar bahagia tentang dua tahun ini bersama Lorenzo, karena ide utama kami adalah untuk memperjuangkan gelar juara, juga dengan Lorenzo serta Andrea Dovizioso, dan pada akhirnya kami tidak mencapai target ini, " kata Dall'Igna.

Tapi bagaimanapun juga Ducati tetap mengapresiasi Lorenzo yang berhasil memenangkan tiga balapan tahun ini. 

"Dia berjuang untuk posisi podium di banyak kesempatan lainnya. Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah bahwa Lorenzo juga sangat membantu kami dalam mengembangkan motor. Jadi meski kami tidak sepenuhnya bahagia, saya pikir keseimbangannya tetap positif," tegasnya.

Musim depan, Lorenzo akan bergabung dengan Repsol Honda. Berduet dengan kompatriotnya yang juga juara bertahan MotoGP dalam tiga tahun beruntun, Marc Marquez.

Tim Putri PGN Popsivo Polwan Tundukkan Jakarta Elektrik PLN



(FIR)