MotoGP Prancis 2018

Vinales: Andai Balapannya Jam 9 Pagi!

M. Rizky Adhestian    •    20 Mei 2018 10:50 WIB
MotoGP 2018
Vinales: Andai Balapannya Jam 9 Pagi!
Maverick Vinales (Foto: AFP PHOTO / Jean-Francois MONIER)

Le Mans: Maverick Vinales berharap sesi balapan MotoGP Le Mans Prancis digelar mulai jam 9 pagi, di saat cuacanya belum terlalu panas. Sebab, pembalap Movistar Yamaha itu merasa motornya bermasalah di tengah terik matahari.

Suhu udara dan trek tercatat sekitar 13 hingga 22 derajat celcius pada sesi latihan bebas Sabtu 19 Mei kemarin. Kondisi itu dinilai berpihak pada Yamaha. Buktinya, Vinales dan rekan satu timnya, Valentino Rossi, berhasil menorehkan catatan waktu impresif di urutan tiga besar.

Namun, ketika suhunya berubah menjadi hampir 40 derajat celcius pada sesi latihan keempat dan kualifikasi, aspalnya menjadi lebih licin. Menurut Vinales, hal tersebut menjadi kelemahan motor YZR-M1 tunggangannya.

Baca: Zarco Rebut Pole Position di Le Mans

Alhasil, pemenang GP Le Mans musim lalu itu harus melemah pada sesi kualifikasi dan mendapatkan posisi grid kedelapan untuk memulai balapan. Sementara itu, Rossi berada tepat di belakangnya.

"Coba saja balapannya jam 9 pagi. Di pagi hari, motor saya pasti bisa meraih pole position. Tetapi di siang hari, itu tidak mungkin," kata Vinales.

"Saya tahu seberapa kemampuan saya. Saya sadar saya rider seperti apa. Saya tahu ketika motor saya berfungsi baik, saya pasti di tiga teratas," sambungnya.

Sesi balapan GP Le Mans akan bergulir hari ini pukul 14:00 waktu setempat. Di Indonesia, itu sama dengan pukul 19:00 WIB. (Crash)
 


(KRS)