Jelang MotoGP Republik Ceko

10 Fakta Menarik Seputar Sirkuit Brno

Kautsar Halim    •    03 Agustus 2017 19:37 WIB
motogp 2017
10 Fakta Menarik Seputar Sirkuit Brno
Sirkuit Brno. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: MotoGP Republik Ceko akan dihelat akhir pekan ini atau tepatnya pada Minggu 6 Agustus. Sirkuit Brno akan kembali menjadi tuan rumah pada seri kesepuluh MotoGP musim ini.

Sirkuit Brno yang tadinya memiliki format sirkuit jalanan sudah menjadi salah satu tuan rumah Grand Prix sejak era 60-an. Dalam perkembangannya, Sirkuit Brno pernah dilarang menggelar Grand Prix karena desain treknya berbahaya.


Klik: Rossi Targetkan Naik Podium di GP Ceko


Hingga format sirkuit jalanan itu dihapuskan, Sirkuit Brno akhirnya diperbolehkan menjadi tuan rumah Grand Prix lagi pada era 1980-an. Sejak saat itu, Rep. Ceko tidak pernah absen menggelar Grand Prix di setiap tahun.

Selain penuh dengan sejarah perkembangan dunia balap motor, daya tarik penyelenggaraan MotoGP Rep. Ceko juga terletak dari keindahan negaranya. Terlebih lagi, Rep. Ceko terletak di tengah-tengah benua Eropa, jadi akses menuju ke sana tidak terlalu sulit.

Masih banyak fakta menarik seputar Sirkuit Brno. Berikut rangkumannya:

- Brno sudah menjadi tuan rumah balap motor Grand Prix pada 1965. Saat itu, sirkuit Brno masih memiliki panjang 13,94 km. 

- Pembalap pertama kali yang menjadi juara di Brno adalah sang juara dunia sembilan kali, Mike Hailwood. Saat itu, ia menggunakan motor MV-Augusta dan tampil di kelas 500cc 

- Giacomo Agostini merupakan pembalap tersukses di sirkuit jalanan Brno. Terhitung, ada tujuh kemenangan yang ia raih dan empat di antaranya berasal dari kelas premier.

- Meski begitu, adalah John Newbold yang menjadi pembalap pertama yang memenangkan kelas premier di Brno. Kemenangan tersebut ia dapat dengan menggunakan motor Suzuki 2 tak pada 1976.


Klik: Sean Kian Nyaman dengan Toro Rosso


- Panjang sirkuit jalanan Brno dipotong menjadi 10,92 km pada 1977. Kebijakan itu membuat kelas premier tidak bisa dimainkan lagi karena membahayakan keselamatan para pembalap.

- Motor dengan kapasitas yang lebih kecil masih tetap berlomba di Sirkuit jalanan Brno hingga 1982. Setelah itu, GP Brno dihapuskan dari kalender Grand Prix dengan alasan keselamatan.

- Brno kembali aktif lagi sebagai tuan rumah Grand Prix pada 1987. Sejak saat itu, Sirkuit Brno tidak pernah absen menyelenggarakan Grand Prix hingga saat ini, kecuali 1992.

- Max Biaggi menjadi pembalap tersukses di sirkuit Brno dengan menjuarai kelas 250cc sebanyak empat kali dan kelas premier tiga kali. Sementara itu, pembalap tersukses keduanya adalah Valentino Rossi dengan lima rekor kemenangan (1 x 125cc, 1 x 250cc dan 3 x kelas premier).

- Pembalap termuda yang menang di GP Brno adalah Marco Melandri. Kemenangan itu ia raih ketika tampil di kelas 125 cc pada 1988 atau saat usianya menginjak 16 tahun.  

- Brno merupakan kota terbesar kedua di Republik Ceko, selain Praha. Kota tersebut terkenal dengan keindahan alam dan kehidupan malamnya. Brno juga tergolong kota yang memiliki siklus perekonomian yang pesat.   

 


(KAU)