Jelang MotoGP Qatar

Lorenzo Pasrah dengan Fase Kualifikasi MotoGP Qatar

Kautsar Halim    •    25 Maret 2017 15:42 WIB
jorge lorenzo
Lorenzo Pasrah dengan Fase Kualifikasi MotoGP Qatar
Jorge Lorenzo. (MANAN VATSYAYANA / AFP)

Metrotvnews.com, Doha: Pembalap Ducati Jorge Lorenzo belum menunjukkan taringnya di sepanjang latihan bebas (FP) MotoGP Qatar. Terhitung dari tiga latihan bebas yang dilakoni, pencapaian terbaik X-Fuera hanya berada di urutan kelima.

Sadar akan penurunan performa tersebut, Lorenzo mengaku tidak bisa berharap banyak saat melakoni fase kualifikasi. Selain merasa performa motornya belum maksimal, salah satu penyebabnya adalah kondisi cuaca.
 

Klik: Asapi Duo Mercedes, Vettel Tercepat di FP3


"Jika kami mampu mengatasi kendala kecil pada hari ini, saya yakin bisa berjuang untuk bisa memperebutkan posisi di baris pertama atau kedua," ujar Lorenzo menanggapi fase kualifikasi.

"Jika menyelesaikan Q1 dan tergabung di Q2 maka bakal sulit bagi saya. Tapi, semuanya tergantung pencapaian di tiap putaran juga. Tampil lebih baik dan konsisten saat adalah hal yang terpenting bagi saya untuk saat ini," tambahnya.


Klik: Maverick Vinales Tercepat di FP III


Lorenzo menyelesaikan FP3 dengan berada di urutan kesembilan. Waktu terbaiknya saat itu, mencapai 1 menit 55.461 detik atau berselisih 0.627 detik dari Maverick Vinales yang tampil sebagai pembalap tercepat.

Sebelum melakoni FP3, pencapaian Lorenzo justru lebih baik. Ia menyelesaikan FP2 di urutan kedelapan dengan catatan waktu 1 menit 55.414 detik, kemudian bertengger di posisi kelima pada FP1 dengan waktu 55.857.

"Tidak masalah jika harus start dari barisan pertama atau barisan kedua. Itu bukan masalah jika Anda hanya berselisih sedetik dan harus berada di barisan kedua. Hasil hari ini memang terlihat mengecewakan dibanding kemarin. Tapi, saya pikir kami sudah lebih baik ketimbang sebelumnya," ujar X-Fuera mengomentari pencapaiannya di FP3.

"Kemarin kami tampil lebih baik di lintasan yang bagus. Tapi hari ini, kami tampil dengan kondisi lintasan yang lebih buruk. Lintasan seperti ini benar-benar tidak cocok dengan Ducati," tambahnya menutup.

Lorenzo yang berasal dari Spanyol baru bergabung dengan tim Ducati pada musim ini. Sebelumnya, ia sempat membela tim Yamaha Movistar selama delapan tahun dan berhasil menyabet gelar juara dunia sebanyak tiga kali (2010, 2012, dan 2015). (crash)


 


(ASM)