Jelang GP Spanyol

Sirkuit Jerez Bersahabat dengan Valentino Rossi

A. Firdaus    •    03 Mei 2017 09:39 WIB
motogp 2017
Sirkuit Jerez Bersahabat dengan Valentino Rossi
Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jerez: Akhir pekan ini akan digelar GP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez. Sirkuit yang terkenal treknya yang unik dan juga historisnya.

Jerez mulai menggelar balapan MotoGP untuk seri di Spanyol pada 1989, menggantikan peran Sirkuit Jarama yang terletak di Madrid. Meski menjadi salah satu sirkuit yang dimiliki Negeri Matador, toh Jerez menjadi tempat yang paling bersahabat dengan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Pembalap berjuluk The Doctor itu telah mengemas tujuh kemenangan di sirkuit yang memiliki 13 tikungan ini. Kemenangan perdana diraih Rossi pada musim 2001 dan kemenangan terakhir pada musim lalu.

Klik di sini: Sirkuit Jerez Selalu Spesial di Mata Marquez

Lalu bagaimana dengan nasib pembalap tuan rumah? Ada dua pembalap asal Spanyol yang paling sering meraih juara. Mereka adalah Jorge Lorenzo dan Alex Criville.

Lorenzo masih berpeluang untuk menambah gelar juara di Jerez, mengingat ia masih aktif di dunia balap paling bergengsi ini. Terkini, pembalap berjuluk X-Fuera ini mengemas kemenangan pada musim 2015 saat masih membela Yamaha.

Klik di sini: Pedrosa Ingin Mengulang Kenangan Manis di Sirkuit Jerez

Sementara juara bertahan MotoGP, Marc Marquez juga pernah mencicipi kemenangan di Jerez. Ketika itu pembalap Repsol Honda tersebut memenanginya pada musim 2014.

Marquez sendiri pun mengakui, kalau menunggangi Honda di Jerez cukup sulit. Treknya memang lebih menguntungkan buat Yamaha.

Berikut Juara GP Spanyol dalam 10 musim terakhir:
2016: Valentino Rossi (Yamaha)
2015: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2014: Marc Marquez (Honda)
2013: Dani Pedrosa (Honda)
2012: Casey Stoner (Honda)
2011: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2010: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2009: Valentino Rossi (Yamaha)
2008: Dani Pedrosa (Honda)
2007: Valentino Rossi (Yamaha)

Pengamat: Kecerdikan Bawa Bottas Juarai F1 GP Rusia
 


(FIR)