Nicky Hayden Meninggal Dunia

Mengenang Karier Nicky Hayden dalam Bingkai Foto

Achmad Firdaus    •    23 Mei 2017 16:50 WIB
nicky hayden
Mengenang Karier Nicky Hayden dalam Bingkai Foto
Foto: Nicky Hayden (Foto: AFP PHOTO / Vincenzo PINTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dunia balap motor kehilangan salah satu pembalap terbaiknya. Nicky Hayden, juara dunia MotoGP 2006 meninggal dunia di usia 35 tahun.

Hayden meninggal dunia di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia pada Senin 22 Mei. Ia meninggal setelah lima hari dalam kondisi kritis usai ditabrak mobil saat tengah bersepeda. Hayden tutup usia karena mengalami luka yang cukup parah di bagian dada dan otaknya.

Meninggalnya Hayden tentu menjadi kehilangan besar buat dunia balap motor. Pasalnya, sepanjang karier balapnya, pembalap Amerika Serikat berjuluk The Kentucky Kid tersebut sukses meraih berbagai gelar juara.
 

Baca: Perjalanan Nicky Hayden di Dunia Balap Motor


Salah satu yang paling mengesankan adalah ketika ia sukses menyabet gelar juara dunia MotoGP pada 2006. Kala itu, Hayden yang membela tim Repsol Honda sukses memenangi persaingan dengan sejumlah pembalap top dunia macam Valentino Rossi, Casey Stoner, Sete Gibernau, dan Kenny Roberts Jr.

Dan, untuk mengenang kepergian Hayden, Metrotvnews.com, telah merangkum foto-foto perjalanan karier Hayden mulai dari debut di MotoGP hingga banting setir ke ajang World Superbike.

Debut di MotoGP

(Foto: AFP/Getty Images Javier Soriano)


Hayden memulai debutnya di pentas MotoGP pada 2003. Saat itu, ia bergabung dengan Repsol Honda untuk jadi pendamping Valentino Rossi. Di musim perdananya, Hayden sukses dua kali naik podium dan menempati peringkat lima di akhir musim.

Podium Pertama MotoGP

(Foto: AFP/Getty Images Paul Crock)


Hayden harus menunggu hingga seri ke-13 (dari total 16 seri) untuk merebut podium pertamanya. Itu terhadi pada GP Pasifik yang digelar di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 5 Oktober 2003. Setelah itu, ia kembali naik podium tiga pada seri ke-15 di GP Australia, 19 Oktober 2003.

Kemenangan Pertama

(Foto: staticflickr.com)


Memasuki tahun ketiganya berkiprah di MotoGP, Hayden akhirnya sukses mencicipi kemenangan pertamanya. Prestasi itu diraihnya pada seri kandang, yakni GP Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca pada 10 Juli 2005. Ia mengungguli Colin Edwards dan Valentino Rossi di tempat kedua dan tiga.
 

Baca juga: Daftar Pembalap yang Meninggal Akibat Kecelakaan di Luar Sirkuit


Rivalitas dengan Rossi

(Foto: AFP/Getty Images Javier Soriano)


Hayden jadi pesaing terberat Valentino Rossi di MotoGP 2006. Saat itu, Rossi yang sudah hijrah ke Yamaha. Saking waspadanya, Rossi sampai menoleh ke belakang untuk memantau performa Hayden pada sesi latihan bebas.

Juara Dunia

(Foto: AFP/Getty Images Javier Soriano)


Bermodalkan konsistensi, Hayden akhirnya keluar sebagai juara dunia. Ia berhasil mengibarkan bendera Amerika Serikat usai finis di posisi tiga pada seri pamungkas di Valencia. Meski hanya dua kali memenangi balapan, Hayden yang konsisten naik podium berhasil unggul lima poin dari Rossi di akhir musim.

Perayaan Juara Dunia

(Foto: AFP/Getty Images Javier Soriano)


Usai melakukan parade juara di lintasan sirkuit Valencia, Hayden melanjutkannya di paddock bersama kru timnya. Ia jadi pembalap Amerika ktujuh yang sukses menjadi juara dunia setelah Kenny Roberts, Freddie Spencer, Eddie Lawson, Wayne Rainey, Kevin Schwants, dan Kenny Roberts Jr.
 

Baca juga: Dari MotoGP untuk Nicky Hayden


Menggunakan Nomor 1

(Foto: AFP/Getty Images Miguel Riopa)


Sebagai juara dunia, Hayden memulai kompetisi musim 2007 dengan menggunakan nomor 1 pada motornya. Menggantikan nomor 69. Sayang, nomor tersebut tidak memberikan keberuntungan buatnya.  Hayden gagal memenangi satu balapan pun dan harus puas finis di posisi delapan pada klasemen akhir MotoGP 2007.

Hijrah ke Ducati

(Foto: autoevolution.com)


Gagal menemukan performa terbaiknya di Honda usai jadi juara dunia, Hayden mencoba peruntungannya bersama Ducati pada 2009. Nahasnya, keputusannya itu tidak tepat. Selama lima musim membela tim asal Italia tersebut, Hayden gagal bersinar. Dalam kurun waktu tersebut, ia hanya mampu tiga kali naik podium (juara tiga) sebagai pencapaian terbaiknya.

Banting Setir ke World Superbike

(Foto: http://media.crash.net)


Setelah 13 tahun berkarier di MotoGP, Hayden memutuskan banting setir ke ajang World Superbike pada 2016 bersama tim Honda. Di musim pertamanya, Hayden lima kali naik podium di mana salah satunya adalah jadi juara. Di klasemen akhir, ia menempati posisi lima.



Video: ?Nicky Hayden Meninggal Dunia
 


(ACF)