Polemik Winglet MotoGP 2017

Honda-Ducati Saling Tuduh soal Pelarangan Winglet di MotoGP 2017

A. Firdaus    •    06 Oktober 2016 13:59 WIB
motogp
Honda-Ducati Saling Tuduh soal Pelarangan <i>Winglet</i> di MotoGP 2017
Winglet di motor Ducati (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Penggunaan sayap di motor MotoGP atau winglet bakal dilarang pada musim depan. Putusan ini akhirnya menimbulkan polemik. Protes paling keras disuarakan oleh para produsen motor MotoGP.

Salah satu yang kesal dengan keputusan tersebut adalah kepala teknisi Ducati, Gigi Dall'lgna. Ia kesal lantaran larangan penggunaan winglet bisa mengurangi daya saing produsen asal Italia tersebut di ajang MotoGP.

Patut diketahui, Ducati adalah pelopor penggunaan winglet. Berkat teknologi itu, mereka mampu bersaing di papan atas MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Berkaca dari kesuksesan Ducati, strategi tersebut diikuti oleh para kompetitor seperti Yamaha dan Honda.

Baca: Ini Jadwal Tes Musim Dingin Para Pembalap MotoGP


Komisi Grand Prix yang terdiri dari Asosiasi Produsen (MSMA), Dorna, FIM, dan Asosiasi Tim MotoGP (IRTA) tak peduli dengan respons Ducati. Mereka tetap memberlakukan larangan penggunaan winglet demi kepentingan keamanan bagi para pembalap. Selain itu, Komisi Grand Prix menganggap harga winglet yang kelewat mahal bakal merugikan para produsen kecil di MotoGP.

Wakil Presiden Honda Racing, Shuhei Nakamoto membantah klaim Dall'Igna. Ia beranggapan penggunaan winglet dilarang karena Ducati menolak untuk bekerja sama dengan produsen lain untuk memperbaiki perangkat.

Baca: Rossi Kecewa Tak Bisa Menang di "Rumah Sendiri"


"Kesan tersebut menyisihkan anggapan bahwa sayap telah dilarang karena Honda menentang mereka. Itu tidak benar. Tapi saya menganggap sayap tidak boleh digunakan di MotoGP 2017 semata-mata karena Ducati.," ujar Nakamoto.

"Mereka menyebut kalau Honda berada di balik larangan ini. Kami  dianggap telah memimpin kampanye melawan penggunaan sayap untuk menghukum dugaan keuntungan aerodinamis Ducati. Bagi saya adalah omong kosong," tutup Nakamoto. (Sport Rider)

Video: Lorenzo akan Jajal Mobil Mercedes Hamilton
 


(HIL)