Alasan Marc Marquez Halangi Laju Andrea Iannone

Gregah Nurikhsani Estuning    •    22 April 2018 22:47 WIB
MotoGP 2018
Alasan Marc Marquez Halangi Laju Andrea Iannone
Marc Marquez. (Foto: AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)

Austin: Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, mengaku tindakannya menghalangi laju Maverick Vinales bukanlah kesengajaan. Ia mengklaim tidak tahu ada pembalap lain dalam jarak dekat.

Marquez berhasil merebut pole position pada kualifikasi hari Minggu 22 April dini hari tadi. Namun, hal itu menjadi sia-sia karena ia itu tidak akan start dari posisi terdepan di Circuit of the Americas (COTA).

Pembalap Repsol Honda itu dijatuhi penalti tiga grid oleh panitia balap MotoGP yang membuatnya harus keluar dari posisi terdepan. Penyebabnya, Marquez terlibat insiden dengan pembalap Movistar Yamaha, Vinales.

Klik: Marquez Rebut Pole Position di COTA

Ia terkena penalti usai hasil investigasi menunjukkan ada upaya sengaja mengurangi kecepatan motornya saat Vinales sedang berjuang mencetak catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi.

Pembalap berjuluk Baby Alien itu mengaku tidak tahu ada motor di belakangnya. Marquez mengklaim hanya melihat Iannone.

"Saya kira tidak ada siapa-siapa, lalu saya dengan ada suara mesin motor, segera saja saya tancap gas. Sepertinya itu mengganggu (kualifikasi)," ujar Marquez.

"Waktu itu saya lihat Iannone, bukan Maverick, tapi saya tahu posisi dia jauh. Sepertinya saya menggangu sesinya (Maverick), tidak ada lagi yang bisa saya katakan," sambungnya.

Marquez mendapatkan hukuman mundur tiga grid dan harus memulai balapan dari posisi 4.

Video: Rossi Lupakan Insiden Argentina
 


(KAU)