MotoGP Prancis

MotoGP Prancis: Marquez Hattrick Kemenangan, Rossi Finis Ketiga

A. Firdaus    •    20 Mei 2018 20:14 WIB
MotoGP 2018
MotoGP Prancis: Marquez Hattrick Kemenangan, Rossi Finis Ketiga
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez (Foto: AFP PHOTO / Jean-Francois MONIER)

Le Mans: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjuarai MotoGP Prancis yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu 20 Mei. Ia seakan mendapat keuntungan di balik insiden terjatuhnya beberapa pembalap di depannya untuk meraih hattrick kemenangan pada musim ini.

Memulai lomba dari posisi kedua, Marquez melakukan start dengan kurang mulus. Posisinya sempat tercecer ke peringkat keempat ketika balapan saat itu dipimpin oleh rekan senegaranya, Jorge Lorenzo.

Sementara rider Monster Yamaha Tech3 Johann Zarco yang merupakan pembalap tuan rumah, berada di posisi kedua dan sempat diikuti oleh Andrea Dovizioso dari Ducati.

Klik di sini: Tim Thomas Indonesia Sapu Bersih kontra Kanada

Posisi Zarco mulai terhimpit, setelah balapan dikuasai oleh duo Ducati. Bahkan Dovi yang sempat menyalip Zarco mampu mengambil alih posisi Lorenzo, tapi hanya beberapa sesaat. Sebab berkat akselerasinya, ia justru terjatuh ketika memasuki lap keempat.

Lorenzo kembali memimpin, diikuti Zarco berada di posisi kedua. Tapi tak lama, Zarco harus ikut-ikutan terjatuh dan gagal menggapai mimpinya meraih juara di kandang sendiri, setelah mengalami insiden kecelakaan tunggal ketika lap tersisa 20 lap.

Lorenzo yang sedang memimpin mulai mendapatkan tekanan dari Marquez, yang mendapatkan keuntungan atas terjatuhnya dari dua rider di depannya (Dovi dan Zarco). Namun tak butuh waktu lama buat Marquez untuk mengambil alih posisi Lorenzo yang mulai loyo, untuk pemimpin lomba. Tepatnya pada ketika balapan tersisa 18 lap.

Posisi tersebut mampu dikuasai Marquez hingga akhir balapan. Sementara di posisi kedua ada pembalap Danilo Petrucci dari Pramac Ducati. Sedangkan, pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang sempat tercecer di posisi keenam, mampu meraih podium keduanya musim ini, setelah finis di posisi ketiga.

Selanjutnya MotoGP akan digelar di Sirkuit Mugello dalam MotoGP Italia, Minggu 3 Juni mendatang.

Rapat Pleno Indonesia Asian Para Games 2018 Resmi Digelar



(FIR)