MotoGP Spanyol 2018

Pedrosa dan Duo Ducati Tabrakan, Marquez Juara MotoGP Spanyol

A. Firdaus    •    06 Mei 2018 20:18 WIB
MotoGP 2018
Pedrosa dan Duo Ducati Tabrakan, Marquez Juara MotoGP Spanyol
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez juarai MotoGP Spanyol 2018 (Foto: AFP)

Jerez: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memenangi MotoGP Spanyol 2018 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 6 Mei. Kemenangan ini mengantarkannya ke puncak klasemen sementara pembalap.

Marquez yang memulai lomba dari posisi kelima sempat berada di bawah bayang-bayang pembalap Ducati, Jorge Lorenzo. Sementara Cal Crutchlow yang sempat memimpin harus mengakhiri lomba ketika memasuki lap kedelapan.

Alhasil, Lorenzo dan Marquez terlibat persaingan untuk menempati posisi terdepan. Tapi tak lama, Marquez berhasil mengambil alih lomba ketika balapan tersisa 18 lap.

Klik di sini: Berry/Hardianto Tumbang, Indonesia Nihil Gelar

Usai memimpin lomba, Marquez langsung menggeber gasnya guna menjauhi para pesaingnya. Lorenzo yang berada di posisi kedua, cenderung melambat.

Drama terjadi ketika balapan menyisakan delapan lap. Di mana tabrakan melibatkan tiga pembalap yang sedang berebut posisi kedua.
 
Mulanya, Pedrosa ingin menyalip Lorenzo, tapi rider Ducati menutup jalan rekan senegaranya itu di tikungan terakhir hingga terjadi benturan antara keduanya. Apesnya, Dovizioso yang tepat berada di belakang insiden tersebut tak bisa menghindari benturan dan harus ikut-ikutan terjatuh lantaran menabrak motor Lorenzo.

Imbas insiden tersebut, Johann Zarco yang berada di belakang, merangsek ke posisi kedua di belakang Marquez yang nyaman memimpin jalannya lomba. Sementara rider Suzuki Andrea Iannone berada di posisi ketiga.

Klik di sini: Jonatan Christie Ditumbangkan Lin Dan di Final

Hingga balapan usai, posisi tiga besar tak berubah. Sementara pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi hanya mampu mengakhiri lomba di posisi kelima.

Meski tak meraih podium, The Doctor memiliki catatan tersendiri. Ia dipastikan menjadi pembalap pertama yang berhasil mengarungi 40.075 km, yang berarti sama saja mengelilingi satu lap dunia.
 
Sementara bagi Marquez, kemenangan ini membuat ia meraih puncak klasemen. Pembalap asal Spanyol tersebut memimpin klasemen dengan mengoleksi 70 poin.

PB PASI akan Gunakan Stadion Madya untuk Kejurnas 2018



(FIR)