Regulasi MotoGP

Regulasi Sistem Aerodinamika MotoGP Diperketat

Ahmad Garuda    •    18 Oktober 2016 17:48 WIB
regulasi motogp
Regulasi Sistem Aerodinamika MotoGP Diperketat
Komisi balap MotoGP perketat regulasi balap MotoGP. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Spanyol: Regulasi sistem aerodinamika di motor MotoGP yang bakal diberlakukan efektif musim 2017, merambah ke bagian lain. Setelah pelarangan bagian sayap yang menempel di bodi atau windshield, sekarang regulasi juga membatasi perubahan fairing motor.

Hal ini dilakukan oleh Grand Prix Commission (GPC), lantaran diprediksi bagian ini bakal dieksplorasi secara berlebiham oleh beberapa tim. Dalam regulasi tersebut disebutkan bahwa alasan utamanya, agar biaya pengembangan motor tidak membengkak.

Berikut regulasi tambahan yang baru dirilis oleh FIM dari keputusan GPC, yang dimandatori oleh Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports), Ignacio Verneda (CEO FIM), Herve  Poncharal (IRTA), Takanao Tsubouchi (MSMA), Javier Alonso (Dorna Sports) dan Mike Trimby (IRTA, sekaligus sekretaris meeting).

Regulasi aerodinamika kelas MotoGP, efektif untuk 2017:
Agar biaya yang digunakan dalam riset sistem aerodinamika tak membengkak, akan ada pembatasan upgrade yang dilakukan tim manufaktur khusus di bagian fairing dan spakbor depan dalam semusim tersebut.

Desain awal bakal dilakukan homologasi oleh Technical Director. Setelah itu para tim bisa melakukan upgrade untuk fairing dan spakbor motor untuk sekali waktu saja dalam musim berjalan. Regulasi ini diperuntukkan untuk tiap pembalap, bukan untuk per motor.

Regulasi wearpack pembalap (baju balap), efektif untuk 2018:
Atas dasar peningkatan keamanan para pembalap, baju balap atau wearpack yang digunakan oleh para pembalap harus dilengkapi dengan komponen airbag. (Proposal ini sudah disepkati bakal didukung oleh semua pemasok komponen dalam hal safety).

Penunjukan Liqui-Moly:
Komisi balap motor MotoGP juga melakukan penunjukan ulang Liqui-Moly sebagai pemasok tunggal oli untuk kelas Moto3 dan Moto2 selama 3 tahun ke depan (2017-2019).

Pembukaan tender pemasok ECU tunggal untuk Moto2:
Komisi balap motor MotoGP juga menyepakati mengundang para produsen ECU untuk kelas Moto2, bakal segera diumumkan. Tender ini sudah dibuka mulai 16 Oktober dan bakal ditutup 9 November. Regulasi ini bakal mulai diberlakukan mulai 2019 hingga 2021.


(UDA)