FP1 MotoGP Qatar

Belum Bisa Bersaing, Lorenzo Keluhkan Kualitas Ban

Kautsar Halim    •    24 Maret 2017 19:03 WIB
jorge lorenzo
Belum Bisa Bersaing, Lorenzo Keluhkan Kualitas Ban
Jorge Lorenzo. (MOHD RASFAN / AFP)

Metrotvnews.com, Losail: Pembalap anyar Ducati Jorge Lorenzo hanya berada di urutan kelima ketika menyelesaikan sesi latihan bebas pertama (FP1) jelang MotoGP Qatar. Akan tetapi, ia tetap yakin bisa bersaing pada balapan sesungguhnya pada akhir pekan mendatang.

Lorenzo berada di urutan lima dengan catatan waktu terbaik 1 menit 55.624 detik. Torehan itu berselisih 1.291 detik dengan Maverick Vinales yang berada di urutan pertama dengan catatan 1 menit 54.316 detik.


Klik: Alasan Rossi Usai Gagal Tampil Maksimal di FP1


Menanggapi hasil tersebut, Lorenzo mengaku masih harus menemukan setelan yang tepat untuk motor Desmosedici GP17. Terlebih lagi, ia menyadari kualitas ban keras yang digunakan kurang efektif saat melahap tikungan.

"Kami berjuang cukup keras dengan kondisi angin di sini. Cuaca di sini benar-benar tidak cocok untuk untuk ban keras. Setelah kami ganti dengan ban lembut baru bisa meningkat. Tapi, itu juga hanya bertahan beberapa putaran saja,"  ujar Lorenzo.

"Kami mengalami peningkatan cukup baik pada dua putaran terakhir. Perubahan itu terasa untuk ban belakang. Meski begitu, kami masih butuh perubahan besar untuk untuk meningkatkan kepercayaan diri melewati tikungan," tambahnya.

"Jadi, lihat saja nanti bagaimana solusi kami untuk meningkatkan kepercayaan diri itu. Pasalnya, ban lembut yang digunakan juga terlalu lembut. Sementara itu, kami memang belum bisa bersaing dengan ban keras," tutup X-Fuera.


Klik: Penjelasan Cal Crutchlow Soal Motor Berasap di FP1


Sama seperti musim 2016, pada musim ini seluruh pembalap MotoGP juga akan menggunakan produk ban dari Michelin. Perubahan terbaru yang dilakukan pabrik ban asal Prancis itu adalah dengan menyediakan Tyre Detection System.

Tyre Detection System merupakan perangkat nirkabel yang akan menuntun masing-masing pembalap mendapatkan jenis ban yang tepat. Sistem tersebut dioperasikan di tiap roda yang memiliki Tyre Air Pressure Sensor (TAPS). (crash)

 


(ACF)