MotoGP Jerman 2018

Marc Marquez Makin Perkasa di Jerman

Kautsar Halim    •    15 Juli 2018 20:52 WIB
marc marquezMotoGP 2018
Marc Marquez Makin Perkasa di Jerman
Marc Marquez. (AFP PHOTO / Robert MICHAEL)

Sachsenring: Marc Marquez kembali menjadi yang tercepat di ajang MotoGP Jerman. Kemenangan terkininya diraih dengan catatan waktu 41 menit 5.019 detik pada Minggu 15 Juli.

Marquez memang sudah terkenal tangguh di Sirkuit Sachsenring. Dia tidak pernah absen juara sejak 2010, baik itu saat tampil di kelas 125cc, Moto2 hingga MotoGP.

Klik: Bukan Kemenangan yang Diincar Marquez pada MotoGP Jerman

Dengan adanya kemenangan ini, artinya Marquez sudah naik podium utama sebanyak sembilan kali di Sirkuit Sachsenring dan makin mantap bertengger di puncak klasemen sementara.

Saat ini, Marquez memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 165 poin. Torehan tersebut membuatnya berselisih 46 angka dengan Valentino Rossi yang berada di posisi kedua.

Jalannya Balapan

Meski memiliki modal start paling depan, Marquez tetap berjuang cukup sengit di ajang MotoGP Jerman. Pasalnya, ia sempat disalip oleh Danilo Petrucci dan Jorge Lorenzo pada awal balapan.

Penampilan Marquez Marquez baru terlihat membaik ketika merebut posisi dua Petrucci pada lap kelima. Tidak lama kemudian, giliran Lorenzo yang dilewatinya saat melibas tikungan terakhir.

Rossi memang selalu gagal untuk memimpin balapan. Namun, dia bisa mengambil keuntungan dari Lorenzo yang ban belakangnya bermasalah ketika balapan tersisa 10 lap. Dengan begitu, The Doctor bisa finis kedua.

Klik: Marquez Start Terdepan di MotoGP Jerman

Lantaran kendala tersebut, Lorenzo harus rela finis keenam. Tren negatif mantan pembalap Yamaha itu pun diikuti oleh Petrucci yang akhirnya disalip Maverick Vinales dan harus terima finis di posisi keempat.

Pembalap Angel Nieto, Alvaro Bautista, mampu finis diurutan kelima. Torehan tersebut merupakan pencapaian terbaiknya pada musim ini karena artinya dia juga bisa lebih cepat ketimbang para pembalap Ducati.

Duo pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow dan Taakai Nakagami gagal menyelesaikan balapan karena sempat terjatuh di tengah balapan. Sementara itu, Aleix Espargaro harus absen sebelum lomba karena mengalami cedera parah saat sesi pemanasan.

Berikut hasil lengkap MotoGP Jerman 2018:




(KAU)