Fakta MotoGP 2016

Phillip Island dan Motegi Dominasi Angka Kecelakaan di MotoGP

Ahmad Garuda    •    28 November 2016 17:20 WIB
motogp 2016
Phillip Island dan Motegi Dominasi Angka Kecelakaan di MotoGP
Sirkuit Phillip Island dan Twin Ring Motegi, paling banyak memakan korban terjatuh. Buffer Overflow

Metrotvnews.com, Spanyol: Fakta tentang musim 2016 yang angka kecelakaannya cukup besar untuk kelas MotoGP, memang cukup mengerikan. Lantaran tahun ini jumlahnya meningkat cukup signifikan dari jumlah kecelakaan yang ada tahun lalu.

Dara data yang ditunjukkan oleh Dorna Sports, jumlah kecelakaan kelas MotoGP selama musim kompetisi 2016 berlangsung berjumlah 288 kali. Cal Crutchlow adalah pembalap yang mendominasi jumlah kecelakaan selama musmi kompetisi 2016 berlangsung. Namun untuk sirkuit yang paling banyak terjadi kecelakaan, ternyata berada di sirkuit Phillip Island dan Motegi.

Para pembalap memang mengalami banyak kecelakaan di sirkuit ini, mengingat temperatur trek dan kondisi cuaca sepanjang pekan balapan berlangsung, berubah-ubah. Bahkan perubahannya terbilang cukup ekstrim. Jumlah pembalap yang terjatuh di sirkuit ini adalah 90 kali untuk semua sesi dan untuk semua kelas balap di MotoGP (termasuk Moto3 dan Moto2).

Jumlahnya meningkat nyaris 2 kali lipat dari kecelakaan di sirkuit yang sama 2015 lalu dengan angka total 47 kali. Kecelakaan yang terbilang cukup parah dialami Marc Marquez di sesi balapan. Motornya terhempas dengan hebatnya, hingga membuat kondisi motor tersebut rusak parah.

Kemudian sirkuit kedua yang punya jumlah kecelakaan terbanyak adalah sirkuit Twin Ring Motegi di Jepang. Sirkuit ini juga terkenal dengan perubahan temperatur trek dan permukaan aspal yang licin dalam kondisi basah atau kering tapi dingin. Dani Pedrosa adalah pembalap yang merasakan betapa kondisi trek ini cukup berbahaya hingga membuat tulang selangkanya patah lagi.

Jika dibandingkan dengan angka kecelakaan pembalap di tahun sebelumnya, peningkatannya tidak terlalu ekstrim, yaitu dari angka 71 kali kecelakaan ke angka 84 total kecelakaan. Sementara sirkuit dengan angka kecelakaan terendah adalah Sirkuit Mugello, Italia dan Red Bull Ring, Austria.



(UDA)