Teknis MotoGP

Start Mulus di MotoGP, Kuncinya Setup ECU dan Software

Ahmad Garuda    •    07 November 2016 13:36 WIB
teknologi motogp
Start Mulus di MotoGP, Kuncinya <i>Setup</i> ECU dan <i>Software</i>
Bradley Smith bercerita tentang teknis di grid start MotoGP. Tech3

Metrotvnews.com, Sepang: Sejak pemberlakuan regulasi engine control unit (ECU) seragam dan juga perangkat lunak yang sama, tantangan di grid start MotoGP meningkat tinggi. Bagi pembalap yang tidak terbiasa mengontrol tuas gas dan kopling dengan cara moderat, maka bakal kesulitan melakukan start dengan tepat.

Bradley Smith sebagai salah satu pembalap yang cukup cerdas di MotoGP bercerita kepada blogger ternama dunia khusus untuk MotoGP yaitu David Emmet, tentang hal ini. Pada dasarnya, sistem kontrol tenaga motor yang tersalur ke roda, sekarang diatur sepenuhnya oleh sang pembalap.

Bedanya, saat MotoGP masih menggunakan ECU dan software sendiri, kru dan mekanik melakukan setup yang sesuai dengan keinginan pembalap saat mengawali balapan. Sehingga saat start, Ia tinggal buka gas tanpa mempertimbangkan RPM. Kini pembalap harus benar-benar melakukan setup untuk membuat RPM motor sesuai keinginannya di awal balapan.

"Perbedaan di sisi ini dengan tahun lalu, memang tidak terlalu besar. Tapi pada dasarnya, tahun ini pembalap tak bisa lagi buka gas sampai full, karena fungsi ECU tak lagi superior seperti sebelumnya. Selain putaran tuas gas, tuas kopling juga harus dikontrol langsung oleh pembalap. Jadi lebih kompleks, sehingga pembalap benar-benar harus melakukan riset sendiri saat mengakhiri setiap sesi," beber Smith.

Ada tiga hal yang menurutnya sangat krusial saat mengawali balapan selain gas dan kopling. Yaitu kontrol tubuh pembalap dan juga kontrol rem belakang. Jika memang pembalap salah dalam memperkirakan tuas gas, Ia bisa memanfaatkan rem belakang untuk mereduksi tenaga yang tersalur agar ban depan tidak terangkat.

"Makanya saat mengawali balapan tahun ini, banyak pembalap yang kehilangan kontrol di awal karena salah mengatur itu semua. Di luar itu ada juga tombol launch kontrol, dan ini hanya akan berfungsi saat mengawali balapan saja. Tapi tetap, harus diatur berdasarkan setup dan feeling pembalap di motornya."


(UDA)