MotoGP Jepang

Fakta Karir dan Rekor Marc Marquez di MotoGP

Ahmad Garuda    •    16 Oktober 2016 21:30 WIB
marquez juara dunia
Fakta Karir dan Rekor Marc Marquez di MotoGP
Marc Marquez kembali cetak beberapa rekor terbaik usai meraih titel juara dunianya di MotoGP Motegi, Jepang. Repsol Honda

Metrotvnews.com, Jepang: Marc Marquez memanangi balap MotoGP Motegi, Jepang, sekaligus mengunci titel juara dunia pada Minggu (16/10/2016) dengan tak terduga. Pasalnya, kedua pembalap Yamaha MotoGP terjatuh dan membuatnya tampil sebagai juara dunia lebih cepat dari dugaan awal.

Dari titel juara dunia yang Ia amankan tahun ini, terdapat sejumlah rekor baru yang patut jadi sorotan. Menarik, karena Ia masih tetap mencetak pembalap termuda dalam beberapa kategori, menurut data yang dirilis langsung oleh tim Repsol Honda melalui situs resminya.

Di antaranya adalah pembalap termuda dengan usia (23 tahun dan 242 hari) yang telah meraih 5 titel juara dunia. Pembalap termuda bertitel juara dunia 3 kali di MotoGP dan pembalap termuda Spanyol selain Jorge Lorenzo yang meraih titel juara dunia di MotoGP.

Berikut sejumlah pencapaian lainnya Marquez:
- Selama perjalanan karirnya di MotoGP (147 seri hingga MotoGP Jepang) sejak 2013, 42% Ia menangi dengan sempurna. Kalau dikonversi, angkanya menjadi 55 kemenangan.
- Dari total perjalanan karirnya di MotoGP sejak 2013, 72,4% Ia lalui dengan finish di posisi podium (termasuk podium pertama). Totalnya ada 89 podium.
- Dari total perjalanan karirnya di MotoGP sejak 2013, sebanyak 52,1% Ia mampu mengamankan posisi start dari urutan pertama. Jumlahnya adalah 64 posisi pole.
- Dari total 147 balapan Ia lalui di kelas MotoGP, Ia berhasil mencetak fastest lap saat balapan sebanyak 48 kali.


(UDA)