Jelang MotoGP Australia

Michelin Bawa Ban Spesial ke MotoGP Australia

Ahmad Garuda    •    18 Oktober 2016 12:31 WIB
motogp indonesia
Michelin Bawa Ban Spesial ke MotoGP Australia
Michelin siapkan ban spesial untuk MotoGP Australia. Michelin

Metrotvnews.com, Phillip Island: Marc Marquez sudah mengunci titel juara dunia. Dari sisi ketertarikan untuk menonton, mungkin mulai surut. Namun ambisi Michelin untuk membuat balapan semakin menarik di MotoGP Phillip Island, Australia, tak surut. Mereka pun membawa ban spesial ke sirkuit yang berada di bagian paling selatan bumi ini.

Panjang sirkuit yang hanya 4,448 meter, memang mungkin tak sepanjang trek lain di benua Eropa. Tapi karakternya yang didominasi dengan beberapa tikungan panjang dan handicap menarik, membuat penggunaan ban terutama di bagian bahu, cukup intens. Bridgestone pernah merasakan kejamnya sirkuit ini, sampai harus memberlakukan trik flag-to-flag di 2013.

"Phillip Island adalah sirkuit yang spesial dan tak ada sirkuit yang menawarkan karakter seperit itu. Kami memberanikan diri jadi sponsor besar MotoGP khusus Australia karena ini momentum spesial. Karena treknya sangat spesial, kami juga membuat ban yang spesial untuk trek ini. Yaitu ban yang mampu menahan gerusan aspal yang cukup abrasif. Bisa dibilang ini ban khusus dan takkan kami gunakan di sirkuit lainnya," papar Manager 2Wheel Motorsport Michelin, Pierro Taramasso.

Ban baru yang dimaksudkan oleh Taramasso, yaitu tipe asimetris. Bukan hanya depan saja atau belakang saja, namun kali ini, mereka mengkombinasikan ban asimetris untuk kedua bagian tersebut. Ini unik sebab para pembalap bisa memaksimalkan penggunaannya tanpa merasakan perbedaan performa antara saat berbelok ke kanan dan berbelok ke kiri.

MotoGP Australia selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pemasok ban di ajang ini. Karakternya yang abrasif dan cukup mematikan ketika temperatur cuaca berubah jadi panas, membuat teknisi pembuat si 'karet bundar' ini bakal pusing dibuatnya. Di era Bridgestone, mereka bahkan sudah memasok ban dengan kompon paling keras, tapi ban tersebut masih terkelupas. Apakah Michelin sudah sangat siap untuk membuktikan performa mereka di sirkuit dengan pemandangan pantai itu?


(UDA)