Jelang MotoGP Australia

Juara Dunia 2006 Gantikan Posisi Dani Pedrosa

Krisna Octavianus    •    19 Oktober 2016 00:05 WIB
motogp 2016
Juara Dunia 2006 Gantikan Posisi Dani Pedrosa
Nicky Hayden (Foto: AFP/SAEED KHAN)

Metrotvnews.com, Phillip Island: Juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden akan menggantikan posisi Dani Pedrosa untuk balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island akhir pekan ini. Nama terakhir diketahui sedang mengalami cedera tulang selangka yang didapat saat menjalani latihan bebas GP Jepang pekan lalu.

Pembalap yang dijuluki Kentucky Kid tersebut bukan sosok asing untuk Repsol Honda. Ia pernah memperkuat tim oranye-hitam tersebut pada 2003--2008 dan pernah mencicipi juara dunia saat menunggangi motor pabrikan berlambang sayap itu.

BACA: Pembalap Adu Trik PIlihan Kompon Ban untuk F1 Meksiko

Pemilihan Hayden cukup beralasan mengingat ia punya rekor cukup mentereng di Phillip Island. Bisa dibilang ia adalah spesialis sirkuit yang memiliki panjang 4,445 km tersebut. Ia tercatat pernah meraih tiga podium, dua pole position, dan beberapa kali mencatat lap tercepat.

"Pertama-tama saya mengharapkan yang terbaik untuk kesembuhan Dani Pedrosa, saya yakin ia akan kembali lebih kuat dari sebelumnya seperti yang selalu dilakukannya," kata Hayden. 

Ia mengaku senang bisa kembali memperkuat Repsol Honda. 10 tahun setelah menjadi juara dunia bersama Honda, ia kembali ke tim asal Jepang tersebut.

"Bagi saya ini cukup gila, tapi itu kesempatan, sepuluh tahun setelah memenangkan gelar dunia saya, saya ternyata bisa kembali ke tim impian lama saya!" lanjutnya.

"Melakukan balapan pada akhir pekan di Phillip Island bersama pabrikan Honda, itu cukup emosional bagi saya untuk berpikir tentang hal itu dan saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan kepercayaan bahwa Honda memberi saya kesempatan," ucapnya.

Pembalap yang kini berkarier di Superbike tersebut tak lupa mengucapkan terima kasih kepada timnya, Honda World Superbike Team karena mengizinkan dirinya kembali membalap di MotoGP sebagai pembalap pengganti.

"Saya ingin juga mengucapkan terima kasih kepada tim saya saat ini untuk mengizinkan pergi dan melakukan hal ini dan para sponsor. Semua orang bekerja pada setiap detail untuk membuat ini mungkin bagi saya, jadi sekarang saya bersemangat untuk naik pesawat, turun ke Phillip Island dan mudah-mudahan saya bisa melakukan pekerjaan dengan baik untuk tim," tambahnya.

BACA: Aspar Racing Rekrut Abraham untuk MotoGP 2017

"Mengenai Phillip Island ada dua hal yang selalu dipertimbangkan, cuaca dan ban, tapi ini sirkuit yang saya cintai dan saya tidak sabar untuk membalap di sana. Mari kita mulai pada Jumat pagi dan lihat apa yang terjadi pada balapan," pungkasnya. (Crash)

 


(ACF)