MotoGP Valencia

Tim-Tim MotoGP, Kesulitan Rekrut Pembalap Ketiga

Ahmad Garuda    •    13 November 2016 18:06 WIB
motogp valencia
Tim-Tim MotoGP, Kesulitan Rekrut Pembalap Ketiga
Tim pabrikan akui mengalami kesulitan ingin rekrut pembalap ketiga. Buffer Overflow

Metrotvnews.com, Valencia: Di sela-sela pelaksanaan sesi latihan hingga sesi kualifikasi MotoGP, tim-tim balap MotoGP melakukan konferensi pers, khusus untuk membahas perekrutan pembalap ketiga. Wacana ini mencuat lantaran beberapa tim sulit menemukan pembalap pengganti yang benar-benar kompetitif saat terjadi cedera pembalap utamanya.

Hal ini terjadi di kubu tim Ducati yang akhirnya merekrut Michele Pirro dan Hector Barbera untuk menggantikan posisi Andrea Iannone saat cedera di MotoGP Misano. Begitu juga dengan tim Repsol Honda yang merekrut pengganti Dani Pedrosa yang cedera di MotoGP Jepang.

Tapi wacana untuk menurunkan pembalap ketiga untuk tim pabrikan ini, sepertinya bakal sulit. Mengingat tim ini biasanya hanya akan fokus kepada dua pembalap. Untuk menurunkan pembalap ketiga dengan status test rider, biasanya pembalap pemula tidak mau mengisi posisi itu. Karena mereka juga ingin mengejar karirnya sebagai pembalap utama.

"Tak mudah melakukan hal itu. Karena mereka juga ingin mengejar karir sebagai pembalap utama. Lagi pula, untuk benar-benar siap jadi pembalap pengganti, maka mereka harus rutin mengikuti balapan. Berbeda dengan ajang balap Formula 1, yang pada awalnya pembalap yang naik kelas, mereka biasanya berstatus sebagai test driver," buka prinsipal tim Repsol Honda Livio Suppo.

Pabrikan lain juga sepakat akan hal tersebut. Perbedaan antara perekrutan pembalap di F1 dengan MotoGP, menjadi hal yang cukup krusial. Tapi bagi Aprilia, mereka mengalokasikan pembalap ke ajang balap lain seperti World Superbike Championship (WSBK) kemudian siap untuk dialokasikan sebagai pembalap pengganti di kelas MotoGP.

"Eugene Laverty akan kami alokasikan di ajang balap WSBK, tapi Ia juga bakal kami berikan kesempatan untuk melakukan beberapa tes di MotoGP. Jika satu saat kami butuh pembalap pengganti, maka Ia akan jadi pilihan pertama kami," pungkas direktur teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano.


(UDA)