Selain Indonesia, Thailand Juga Kepincut Jadi Tuan Rumah MotoGP

Kautsar Halim    •    23 Maret 2017 07:00 WIB
motogp
Selain Indonesia, Thailand Juga Kepincut Jadi Tuan Rumah MotoGP
Sirkuit Internasional Chang. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Thailand dilaporkan sedang berupaya menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2018. Itu diketahui setelah adanya respons positif dari operator event MotoGP, Dorna Sports Groups.

"Saya hanya bisa bilang Thailand mungkin saja bergabung sebagai tuan rumah MotoGP 2018. Tapi, itu masih hanya kemungkinan saja," kata salah seorang juru bicara Dorna seperti dikutip Crash.net, Rabu (22/3/2017).
 

Klik: Marquez Khawatirkan Permukaan Pasir di Sirkuit Losail


Antusiasme Thailand dalam kancah balap motor dunia sudah terlihat sejak 2015 lalu. Saat itu, mereka terpilih sebagai tuan rumah seri pertama Superbike World Championship di Sirkuit Internasional Chang, Buriram.

Menurut pemberitaan Bangkok Post, pemerintah Thailand sudah menganggarkan dana sekitar USD8,7 juta (sekitar Rp116 rupiah) agar bisa menjadi tuan rumah MotoGP. Dana sebesar itu dijelaskan merupakan mahar sebagai tuan rumah selama tiga musim (2018-2020).

Peluang Thailand menjadi salah satu tuan rumah terbilang cukup lebar. Pasalnya, terdapat wacana yang menyebutkan pihak Dorna bakal menambah negara tuan rumah yang tadinya berjumlah 18 menjadi 21 negara.


Klik: Peluang Atlet Junior untuk Unjuk Gigi


Meski begitu, Thailand tidak akan langsung terpilih sebagai tuan rumah begitu saja. Alasannya, mereka harus bersaing dengan tiga negara lainnya, termasuk Indonesia.

"Finlandia sudah resmi terpilih sebagai salah satu tuan rumah pada musim depan. Jadi, masih ada dua slot lagi yang kosong. Kesempatan itu bisa saja diberikan kepada Thailand, Kazakhstan, Indonesia dan Hungaria," tulis sebuah pernyataan dalam surat kabar Bangkok post.

Kesempatan untuk menjadi tuan rumah menjadi rebutan karena bakal berpengaruh besar terhadap devisa dan pamor suatu negara. Sementara ini, hanya Malaysia saja yang menjadi tuan rumah MotoGP dari Asia Tenggara. (crash)

 


(ACF)