Jelang MotoGP 2018

Suzuki Ingin Punya Tim Satelit

M. Rizky Adhestian    •    08 Maret 2018 13:33 WIB
MotoGP 2018
Suzuki Ingin Punya Tim Satelit
Ilustrasi motor Suzuki. (Foto: Crash)

Doha: Tim pabrikan Suzuki ingin memperluas eksistensinya di kejuaraan MotoGP dengan memiliki tim satelit. Sang manajer tim, Davide Brivio, berharap hal tersebut dapat tercapai pada 2019.

Mendapatkan tim satelit menjadi salah satu target utama pabrikan asal Jepang tersebut setelah musim 2019. Suzuki yang baru kembali ke kelas utama balapan roda dua tersebut, belum pernah memiliki tim satelit hingga saat ini.

Menyusul kabar tim satelit Tech3 yang beralih dari Yamaha ke KTM, tim satelit lainnya seperti Marc VDS Honda dan Angel Nieto Ducati juga dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk memilih pemasok mesin lain pada musim 2019. Bukan tidak mungkin, bila Suzuki akan menjadi salah satu pilihannya.

Baca: Tim Renang Indonesia tak Ubah Koreografi di Asian Games 2018


Brivio menjelaskan, soal sumber daya menjadi salah satu kekurangan Suzuki untuk memiliki tim satelit jika dibandingkan dengan tim pabrikan lainnya seperti Honda atau KTM. Suzuki juga belum punya pengalaman menjalankan sebuah tim satelit.

"Sebuah tim satelit adalah target kami. Kami sangat ingin memilikinya dan juga membutuhkannya. Kami berusaha untuk mengerjakan proyek ini. Saya tidak bisa katakan jika untuk 2019 kami bisa melakukannya atau tidak. Tetapi kami ingin begitu," kata Brivio dikutip dari Crash.net.

"Suzuki tidak pernah punya tim satelit. Kami sedikit cemas (kendala) untuk segi organisasi dan, apa yang kami butuhkan, berapa banyak sumber daya, atau yang lainnya. Kami sangat ingin mendapatkannya, saya harap bisa terjadi pada 2019. Saya tidak tahu, tetapi saya tidak bisa bilang akan berjalan seperti itu," sambungnya.

Ketika ditanya apakah kini timnya lebih siap untuk memiliki tim satelit dibandingkan tahun lalu, Brivio mengatakan para teknisinya selalu bekerja ekstra untuk mempersiapkannya. Namun sejauh ini, Suzuki lebih berkonsentrasi pada tim pabrikannya.

"Sekarang untuk membuka tim satelit berarti menambah sumber daya dan pembenahan organisasi dan sebagainya. Menurut saya, cepat atau lambat itu harus dilakukan. Saya harap bisa dilakukan secepatnya," ujar Brivio. (Crash)

Video: Tim Renang Artistik Jalani Pelatnas Asian Games 2018


(ASM)