Olahragawan Tertimpa Kasus Penggelapan Pajak

Mantan Pembalap MotoGP Divonis 30 Bulan Penjara

A. Firdaus    •    21 Juni 2017 23:21 WIB
motogp 2017
Mantan Pembalap MotoGP Divonis 30 Bulan Penjara
Mantan Pembalap MotoGP Sete Gibernau (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Rentetan kasus penggelapan pajak yang dilakoni para pemain sepak bola dunia ternyata merembet ke arena MotoGP. Mantan pembalap Spanyol, Sete Gibernau ternyata divonis 30 bulan atau 2 setengah tahun penjara.

Gibernau yang merupakan penasihat Dani Pedrosa dituduh dua kali melakukan penggelapan pajak. Kasus itu dilakukannya pada saat masih aktif membalap, yaitu pada 2006.

Tuduhan penggelapan pajak Gibernau dilayangkan oleh Kejaksaan Negeri Spanyol. Dalam kasus tersebut, pria berusia 44 tahun ini menggelapkan pajak hingga 774 ribu Euro atau sekira Rp11 miliar.

Klik di sini: Komentar Anthony Usai Pertama Kali Kalahkan Jorgensen

Dalam berkas Kejaksaan Negeri Spanyol menyebut kalau Gibernau diduga berpura-pura tinggal di Swiss demi bisa menghindari pajak. Dalam pembelaannya di persidangan Barcelona, Gibernau menyebut ia masih tinggal di Swiss bersama istrinya Esther Cañadas hingga 2007, dan tak pernah pindah ke Esplugues de Llobregat di Barcelona.

Sementara menurut Marca, kasus ini sempat ditutup ketika memasuki tahap penyelidikan. Namun Audiencia of Barcelona atau pengadilan tinggi memutuskan untuk membuka kembali kasus ini.

Klik di sini: Sedang Menikmati Persaingan F1, Hamilton Enggan Pikirkan Pensiun

Gibernau mengalami puncak kariernya sebagai pembalap MotoGP pada 2002 hingga 2006. Ia mampu finis di posisi kedua pada dua musim beruntun.

Pada 2007 mantan pembalap Suzuki ini sempat vakum dari ajang balap kuda besi tersebut. Ia kembali ke lintasan balap pada 2009. Namun dalam periode comeback-nya tersebut, penampilannya tak begitu impresif dan hanya finis di posisi ke-19 pada akhir musim.

Proses Pengobatan, Tiger Woods Dapat Bantuan Profesional
 


(ACF)