MotoGP 2017

Penjelasan Rossi Terkait Kegagalannya Naik Podium di Sachsenring

Achmad Firdaus    •    03 Juli 2017 22:40 WIB
valentino rossimotogp 2017
Penjelasan Rossi Terkait Kegagalannya Naik Podium di Sachsenring
Aksi Valentino Rossi saat menjalani sesi latihan bebas jelang MotoGP Jerman 2017 (Foto: AFP PHOTO / Robert MICHAEL)

Metrotvnews.com, Hohenstein-Ernstthal: Valentino Rossi harus puas finis di posisi lima pada MotoGP Jerman, akhir pekan kemarin. Menurutnya, itu adalah hasil maksimal yang bisa didapatkannya.

Rossi enggan menyalahkan performa motor yang menurutnya sudah cukup kompetitif. Ia justru menyalahkan diri sendiri yang gagal mengamankan posisi start yang bagus di babak kualifikasi.

"Hasil ini tidak terlalu buruk, terutama karena jalannya balapan memang sangat, sangat sulit dari awal hingga akhir. Saya juga dua kali merusak motor yang bagus di sesi latihan, dan kami hanya memiliki satu sasis (baru). Dan itu jadi masalah buat kami," ujar Rossi.

"Selain itu, saya hanya bisa mengamankan start di baris ketiga (urutan 9). Dan di sini (Sachsenring) sangat sulit untuk melakukan overtake," lanjutnya.
 

Baca: Finis Posisi Kelima, Valentino Rossi Kalem


Finis di posisi lima menjadi pencapaian terbaik Rossi di Sirkuit Sachsenring. Ia gagal bersaing dengan Marc Marquez yang mempertegas dominasinya dengan memenangi MotoGP Jerman sebanyak delapan kali secara beruntun.

Kendati sedikit kecewa gagal naik podium, Rossi cukup puas dengan performa YZR-M1 miliknya. Terutama performa dari sasis baru yang digunakannya.

"Saya cukup senang karena jika tidak ada sasis baru ini, saya rasa kami akan meraih hasil buruk seperti di Jerez dan Barcelona," ujar Rossi yang finis di sepuluh dan delapan pada dua balapan tersebut.
 

Baca juga: Curahan Hati Jorge Lorenzo


"Dengan sasis baru ini, kami bisa tampil kompetitif dan memiliki kecepatan yang bagus, mulai dari awal hingga akhir balapan," lanjutnya.

Kini, jeda libur tengah musim selama satu bulan akan dimanfaatkan Rossi untuk bekerja keras meningkatkan performa motornya sehingga bisa kembali bertarung di garis depan pada MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, 6 Agustus mendatang.

Peluang Rossi untuk meraih titel juara dunia ke-10 masih terbuka di musim ini. Di sisa sembilan seri musim ini, Rossi masih berada dalam persaingan juara dimana ia duduk di posisi empat dengan 119 poin atau hanya terpaut 10 angka dari Marquez di puncak klasemen.

Video: ?Gol Tunggal Jerman dan Penalti Kemenangan Portugal



(ACF)