Jelang MotoGP Qatar

Data dan Fakta Menarik Jelang MotoGP Qatar

Achmad Firdaus    •    24 Maret 2017 07:07 WIB
motogp 2017
Data dan Fakta Menarik Jelang MotoGP Qatar
Suasana balapan di MotoGP Qatar (Foto: http://image2.redbull.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Genderang perang MotoGP 2017 akan resmi ditabuh pada Minggu 26 Maret 2017. Sirkuit Losail, Qatar akan jadi saksi siapa pemenang pada seri pembuka musim ini.

Sebelum menyaksikan duel-duel menarik dari para pembalap di atas lintasan. Ada baiknya kita mengetahui fakta-fakta yang terhampar jelang balapan. Dihimpun dari berbagai sumber, Metrotvnews.com telah merangkum sejumlah fakta menarik yang melibatkan pembalap dan juga tim jelang MotoGP Qatar 2017:

- MotoGP 2017 akan diikuti 10 pembalap yang menyandang predikat juara dunia (baik MotoGP, Moto2 dan Moto3). Jika diakumulasikan, ada total 29 trofi juara dunia. Ini jadi rekor baru dalam sejarah MotoGP.

- Dari total 23 pembalap, sembilan pembalap sudah pernah memenangi seri balapan di kelas premier (MotoGP). Total, ke-9 pembalap tersebut telah memenangi 197 balapan di kelas premier. Ini merupakan jumlah tertinggi dalam sejarah MotoGP.
 

Baca: Delapan Kandidat Juara MotoGP 2017 Versi Valentino Rossi


- Jorge Lorenzo tampil sebagai pemenang pada seri penutup musim 2016 di Valencia bersama Yamaha. Kini, jika mampu menang di Qatar bersama Ducati,  ia akan jadi pembalap kedua yang sukses mencatatkan back-to-back dengan dua pabrikan berbeda. Ia akan menyamai torehan Valentino Rossi yang memenangi seri penutup 2003 di Valencia bersama Honda, dan tampil sebagai juara pada seri pembuka 2004 di Afrika Selatan bersama Yamaha.

- Yamaha jadi tim yang paling sukses di MotoGP Qatar dengan tujuh kemenangan. Sedangkan, Honda dan Ducati sama-sama mencatatkan tiga kemenangan di Losail.

- Jorge Lorenzo jadi pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di Sirkuit Losail. Ia total mencatatkan enam kemenangan (3 kali di MotoGP, 2x di 250cc, 1x di 125cc).

- Marc Marquez sudah 51 kali naik podium di kelas premier. Jika berhasil naik podium di Qatar, pembalap Honda ini akan menyamai torehan legenda MotoGP, Wayne Gardner (52 podium).

- Jika berhasil finis di tiga besar pada MotoGP Qatar atau seri lain di MotoGP 2017, Valentino Rossi akan jadi pembalap tertua yang berhasil naik podium. Melakukannya di usia 38 tahun, Rossi akan memecahkan rekor yang dicatatkan Jack Findlay pada GP Austria tahun 1977.
 

Baca juga: MotoGP 2017: Vinales, Marquez dan Tradisi Persaingan Sengit di Lintasan Balap


- Andai mampu meraih kemenangan di MotoGP 2017, Maverick Vinales akan jadi pembalap keempat yang sukses memenangi seri balapan bersama Suzuki dan Yamaha. Ia akan menyamai torehan Barry Sheene, Randy Mamola, dan Jack Middelburg.

- Dari empat pembalap debutan (rookie) di musim ini, Jonas Folger adalah satu-satunya yang pernah menang balapan di GP Qatar. Ia melakukannya ketika tampil di Moto2 pada tahun 2015.

- Tiga seri terakhir MotoGP 2016 dimenangi oleh tiga pabrikan berbeda (Honda, Ducati, Yamaha). Nah, jika pada balapan di Qatar nanti tim yang menang bukan dari ketiga pabrikan tersebut, maka, itu akan mengulang rekor tahun 1975. Saat itu, empat tim silih berganti memenangi empat balapan berbeda (Yamaha, Kawasaki, Suzuki, MV Augusta).

Video: Marquez dan Pedrosa Optimis di Musim 2017 
 


(ACF)