Kenny Roberts Jr

Kenny Roberts Jr akan Dinobatkan sebagai Legenda MotoGP

A. Firdaus    •    07 Februari 2017 14:25 WIB
sportainment
Kenny Roberts Jr akan Dinobatkan sebagai Legenda MotoGP
Kenny Roberts Jr (kiri) bersama sang ayah (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Texas: Juara dunia 500cc musim 2000, Kenny Roberts Jr akan mendapatkan penghargaan dari FIM MotoGP. Selain Roberts, penghargaan juga akan diterima  juara 500cc 1981, Marco Lucchinelli.

Penghargaan diberikan karena pensiunan pembalap ini dinilai punya peran penting dalam sejarah balap motor. Penobatan oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta kepada kedua mantan akan berlangsung di World Championship Hall of Fame musim ini. Tepatnya saat MotoGP Amerika di Austin, Texas.

"Melantik para legenda MotoGP akan selalu penting. Menghormati dua juara kelas utama membuat saya sangat bangga kepada Kenny Roberts Jr dan Marco Lucchinelli. Keduanya adalah juara hebat dan benar-benar layak berada di sini," kata Ezpeleta.

Klik di sini: Sekelumit Masalah Menghantui Honda

Roberts Jr berkecimpung di ajang balap motor dimulai di kelas 250cc pada musim 1993 bersama Tim Yamaha. Lalu, ia naik kelas ke 500cc pada musim 1996 masih bersama Yamaha.

Musim 2000 menjadi momen yang tak pernah dilupakan Roberts Jr. Ia berhasil menyabet gelar juara dunia dengan meraup 258 poin ketika membela Suzuki.

Nahas, karier Roberts Jr melempem ketika balapan memasuki era baru dengan nama MotoGP pada musim 2002. Prestasi terbaiknya pada era modern terjadi pada musim 2006. Kala itu, ia finis di posisi keenam.

Klik di sini: Deretan Pembalap MotoGP yang Beralih ke Superbike

Nantinya, Roberts Jr akan bergabung dengan daftar pembalap yang diberi penghormatan oleh MotoGP. Di antaranya Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Nicky Hayden, Franco Uncini, dan Alex Criville. (Paddock Talk)

Video ?Lorenzo Bicara Peluang Juara MotoGP 2017 Bersama Ducati
 


(HIL)