Jelang GP Valencia

Tekanan Bantu Marc Marquez untuk Fokus

Krisna Octavianus    •    11 November 2016 12:38 WIB
motogp 2016
Tekanan Bantu Marc Marquez untuk Fokus
Marc Marquez saat menjadi juara di Motegi, Jepang (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Valencia: Juara dunia MotoGP 2016, Marc Marquez merasa hilangnya konsentrasi memengaruhi penampilannya pada dua seri terakhir. Di GP Australia ia tidak finis, sementara di Malaysia, Baby Alien hanya berada di peringkat ke-11.

Sebelum dua balapan yang buruk, pembalap Repsol Honda itu berhasil menunjukkan konsistensi sepanjang musim. Itu terbukti saat ia meraih gelar juara dunia ketiga kelas MotoGP di Motegi, Jepang bulan lalu.

BACA: Maria Sharapova Kembali Bertugas untuk PBB

Namun, Marquez jatuh saat sedang memimpin balapan GP Australia di Phillip Island dan tampil tak maksimal di trek basah GP Malaysia.

Dengan tekanan atas keberhasilannya meraih gelar, Marquez mengakui bahwa ia mungkin telah kehilangan fokus pada dua balapan terakhir. Ia berharap akan menunjukkan performa luar biasa pada balapan terakhir di Valencia, Minggu 13 November.

"Ini dua balapan terakhir yang saya lakukan bukan dengan cara terbaik untuk merayakan gelar. Akan tetapi, sepertinya saya butuh tekanan untuk selalu berkonsentrasi dan menyelesaikan semua balapan, seperti ketika saya berjuang untuk gelar," katanya.

"Tapi di sini, itu adalah sirkuit yang saya suka dan saya akan mencoba untuk melakukan yang terbaik. Dua balapan terakhir tidak begitu baik, tapi pada hari Minggu saya berharap ada kinerja yang sangat baik," lanjutnya.

"Di sini, di Valencia itu selalu luar biasa dan selalu ada tekanan ekstra, sehingga setiap orang akan mendorong 100 persen kemampuan dan kami berharap untuk cuaca bagus," harap Marquez.

Marquez enggan berkomentar soal tes jelang musim 2017 selepas GP Valencia. Akan tetapi, pembalap asal Spanyol itu mengakui tes dua hari tersebut adalah hal yang penting.

"Pada Selasa 15 November dan Rabu 16 November musim 2017 sudah dimulai, jadi kami harus sangat terkonsentrasi untuk mencoba untuk meningkatkan motor kami karena saya pikir kami memiliki banyak hal yang harus ditingkatkan. Kami hanya perlu menemukan cara," ujarnya.

BACA: Tak Jadi Direkrut, Pascal Wehrlein Tuntut Penjelasan Force India

"Sudah... saya tidak ingin berbicara banyak tentang tes karena saya ingin berkonsentrasi pada balapan akhir pekan ini dan kemudian pada Senin kita baru akan berbicara tentang tes, tapi ya itu penting untuk memulai dengan cara yang baik untuk 2017," pungkasnya. (Crash)




(ASM)