MotoGP 2017

Juara Dunia MotoGP Keempat Kalinya, Marquez Gabung dengan Empat Legenda

A. Firdaus    •    13 November 2017 11:49 WIB
motogp 2017
Juara Dunia MotoGP Keempat Kalinya, Marquez Gabung dengan Empat Legenda
Marc Marquez merayakan kesuksesannya merengkuh gelar juara dunia keempat kalinya (Foto: AFP)

Jakarta: Marc Marquez memastikan diri juara dunia MotoGP 2017. Ini adalah keempat kalinya rider berjuluk Baby Alien juara di kelas premier.

Marquez memang finis di posisi ketiga pada gelaran pamungkas MotoGP di Valencia. Namun, insiden terjatuhnya pembalap Ducati Andrea Dovizioso pada lap ke-25, memuluskan kepastian Marquez merengkuh gelar juara dunia.

Marquez pun menyegel posisi puncak klasemen akhir dengan mengoleksi 298 poin. Ia unggul 37 poin dari Dovizioso. Sedangkan peringkat ketiga klasemen akhir ditempati rider Movistar Yamaha Maverick Vinales dengan mengoleksi 230 poin.

Klik di sini: Indonesia Bawa Satu Gelar dari Macau Open 2017

Kini, pembalap yang baru naik kelas, empat tahun lalu telah mengoleksi empat gelar MotoGP. Selain pada musim ini, Marquez juga menorehkannya pada 2013, 2014, dan 2016.

Berarti, Marquez hanya absen juara dunia pada 2015, yang kala itu jatuh ke tangan rekan senegaranya, Jorge Lorenzo saat masih menunggangi motor Yamaha.

Klik di sini: Momentum Hari Pahlawan, CLS Knights Luncurkan Logo Baru

Arti lain dari kesuksesan Marquez juara dunia kali ini adalah, ia menyamai raihan para legenda seperti, trio Inggris Mike Hailwood, Geoff Duke, dan John Surtees, serta rider Amerika Serikat, Eddie Lawson, yang telah meraih juara dunia kelas premier sebanyak empat kali.

Tentunya dengan usia yang baru berusia 24 tahun, bukan tak mungkin Marquez akan terus menambah koleksi gelar juara dunianya di ajang balap motor bergengsi ini.

Termasuk bisa menyamai rekor Mick Doohan yang telah lima kali juara dunia, atau mungkin mengejar rekor Valentino Rossi dengan tujuh gelar juara dunia MotoGP-nya.

Saat ini gelar juara kelas premier masih dipegang oleh pembalap asal Italia, Giacomo Agostini dengan koleksi delapan gelar juaranya.

Data dan Fakta Unik Marc Marquez
 


(ASM)