Fakta MotoGP 2016

Crutchlow, Pembalap Terbanyak Mengalami Kecelakaan

Ahmad Garuda    •    23 November 2016 16:01 WIB
motogp 2016
Crutchlow, Pembalap Terbanyak Mengalami Kecelakaan
Cal Crutchlow jadi pembalap paling banyak mengalami kecelakaan di 2016. GPOne.com

Metrotvnews.com: Cal Crutchlow pernah dijuluki sebagai pembalap yang paling banyak mengalami kecelakaan dalam semusim balap, dengan julukan Crash Crutchlow di awal karirnya di MotoGP. Julukan tersebut nampaknya kembali melekat tahun ini. Setelah Ia membukukan data pembalap terbanyak yang mengalami kecelakaan.

Khusus di kelas MotoGP, nama Crutchlow mentereng dengan jumlah kecelakaan yang Ia rasakan sebanyak 26 kali. Ia hanya berbeda 1 kali terjatuh dengan mantan rekan setimnya yaitu Jack Miller yang meraih angka terjatuh 25 kali. Uniknya nama Marc Marquez juga termasuk dalam tiga pembalap dengan catatan terjatuh paling banyak, yaitu dengan jumlah 17 kali.

Di posisi ketiga ini, Marquez tak sendirian. Yonny Hernandez yang membalap untuk tim Aspar MotoGP juga membukukan angka yang sama milik Marquez. Kemudian di urutan keempat dihuni empat nama yang memiliki jumlah kecelakaan sama yaitu Alvaro Bautista, Eugene Laverty dan Esteve Rabat. Masing-masing mengamankan total kecelakaan 16 kali.

Lantaran jadi pembalap yang paling banyak mengalami kecelakaan itulah, yang membuat bos tim LCR Honda kadang terlhat sangat gugup ketika Crutchlow sedang berada di posisi teratas seperti di MotoGP Ceko dan di Australia. Termasuk ketika Ia memutuskan untuk tampil agresif di 5 lap terakhir MotoGP Jerman.

"Saya hanya berharap agar Ia tak mengalami kecelakaan saat sudah berada di posisi terdepan. Makanya tim juga terlihat cukup was-was ketika Ia berada di posisi yang cukup bagus dan tetap tampil ngotot meraih hasil terbaik," klaim bos sekaligus pemilik tim LCR Honda, Lucio Cecchinello.


(UDA)